Bus Trans Patriot Bekasi Resmi Beroperasi

Salah satu armada bus Trans Patriot di bilangan Kota Bekasi | Foto: Andry Anggara, Fotografi Bus Ibukota

[27/11] Kabar gembira bagi warga Bekasi! Pasalnya, bus Trans Patriot Bekasi yang telah tertunda operasionalnya selama hampir setahun akhirnya beroperasi juga. Sebelumnya, bus Trans Patriot telah diluncurkan Desember 2017, namun karena belum siapnya BUMD setempat, maka operasionalnya ditunda hingga kemarin.

Berdasarkan yang dilansir dari Tempo, bus Trans Patriot dengan armada sembilan unit ini resmi beroperasi mulai hari Senin (26/11) kemarin. Layanan Bus Trans Patriot ini adalah layanan bus kota modern Bekasi dengan dua rute pelayanan yang direncanakan beroperasi. Rute pelayanan tersebut adalah Terminal Bekasi – Harapan Indah dan Terminal Bekasi – Summarecon. Bus ini diresmikan operasinya dengan peluncuran di shelter dekat kantor Pemkot Bekasi.

Pada saat awal pengoperasiannya, operasional bus Trans Patriot digratiskan selama masa ujicoba. Di hari pertama beroperasinya, bus Trans Patriot masih sepi penumpang. Kebanyakan penumpang adalah wartawan yang meliput, ataupun orang yang ingin mencoba bus baru dan keliling Bekasi gratis. Direktur Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) Tubagus Hendra Suherman menerangkan bahwa wajar Trans Patriot masih sepi di hari pertama sebagai bagian dari sosialisasi. Rencananya, tarif reguler yang akan diberlakukan untuk layanan bus Trans Patriot ini Rp 3.500,- saja atau sama seperti tarif Transjakarta.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Tim REDaksi, jadwal operasional bus Trans Patriot ini adalah dari pukul 5 pagi hingga sampai pukul 9 malam. Sementara rute yang saat ini sudah beroperasi barulah rute Bekasi – Harapan Indah dengan dua jalur, yaitu via Jalan Ahmad Yani dan via Jalan Juanda.

Tidak ada teks alternatif otomatis yang tersedia.
Peta rute Trans Patriot yang saat ini beroperasi. Garis kuning rute via Juanda, garis biru rute via Ahmad Yani | Foto: Busway Fans Club

Pengelolaan Trans Patriot sendiri dilakukan dengan sistem kerjasama antara PDMP dengan Perum DAMRI. Berdasarkan yang dilansir dari Koran Jakarta, DAMRI untuk sementara menjadi operator Trans Patriot sekaligus memberikan bimbingan kepada PDMP. Periode kerjasama ini direncanakan berlangsung dari November 2018 hingga Januari 2019. Hal ini dilakukan karena PDMP dinilai belum siap dari segi SDM dan prasarana, sehingga perlu belajar dari DAMRI.

Semoga saja kedepannya Trans Patriot dapat menjadi angkutan modern yang andal bagi Warga Bekasi, demi terwujudnya mobilitas yang lebih baik. (RED/IHF)

Referensi

Koran Jakarta

Tempo

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×