Lokomotif Listrik Alstom Prima T8 Milik Indian Railways Mulai Beroperasi

Lokomotif WAG-12 India | Foto: Alstom
Lokomotif WAG-12 India | Foto: Alstom

[20/5] Kabar baik dari dunia perkeretaapian India. Pasalnya lokomotif jenis terbaru milik Indian Railways yaitu Alstom Prima T8 mulai beroperasi setelah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Kereta Api dan RDSO India.

Dilansir dari rilis pers Alstom, lokomotif yang di Indian Railways dikenal sebagai WAG-12 ini adalah salah satu lokomotif paling kuat di Indian Railways. Dengan 12000 tenaga kuda, lokomotif ini mampu menarik hingga 6000 ton barang dengan kecepatan 120 km/jam. Direncanakan untuk didinaskan di Dedicated Freight Corridor (DFC), lokomotif ini diharapkan dapat meningkatkan kecepatan rata-rata KA barang di India hingga 25 km/jam. Tidak hanya itu, dengan teknologi IGBT, efisiensi lokomotif ini diharapkan meningkat jauh dengan adanya pengereman regeneratif.

Lokomotif ini merupakan bagian kontrak pada tahun 2015 di mana rencananya akan ada 800 lokomotif yang dibuat. Kesemua lokomotif ini akan dibuat di India sesuai dengan mandat Make-in-India, dengan proses desain dilakukan di Alstom Engineering Centre di Bengaluru dan diprodksi di pabrik di Madhepura, Bihar dengan kapasitas 120 lokomotif tiap tahun. Sementara itu, proses perawatan akan dilakukan di dua dipo yaitu Saharanpur yang telah beroperasi, dan Nagpur yang sedang dibangun.

Kontrak pada tahun 2015 ini sendiri merupakan salah satu program Foreign Direct Investment oleh India. Dengan nilai investasi untuk joint venture India-Alstom mencapai 3,5 miliar Euro. Selain kontrak manufaktur 800 unit lokomotif, juga terdapat kontrak perawatan untuk 11 tahun. Kontrak ini juga diharapkan menciptakan 10000 lapangan kerja di negara India. (RED/IHF)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: