96 Tahun Kereta Rel Listrik di Indonesia, Perjalanan Awal Hingga Masa Kini

Peresmian KRL di Jakarta untuk pertama kali
Peresmian Kereta Rel Listrik di Jakarta untuk pertama kali | Foto: De Koloniale Roeping

Feesttreinen uitpuilend vol. Belangstelling phenomenaal. Publiek weigert station te verlaten, en wordt met trompetgeschal uitgemsten. Electrotreinen punctueel (Kereta festival benar-benar penuh. Minat umum sangat fenomenal. Publik menolak meninggalkan stasiun dan dipenuhi dengan suara trompet. Kereta listrik tepat waktu).” Itulah bunyi telegram yang dikirimkan oleh Van Schalk, kepala eksploitasi kereta api negara kepada kepala inspektur yang berada di Bandung pada tanggal 6 April 1925.

Di hari itu, sistem kereta rel listrik di jalur utama diresmikan dengan meriah. Peresmian yang meriah itu dilakukan bertepatan dengan perayaan 50 tahun Staatsspoorwegen, perusahaan kereta api milik negara era Hindia Belanda. Perjalanan kereta rel listrik di Indonesia hingga saat ini, 96 tahun kemudian, dimulai pada hari itu.

Daftar Isi 

  1. Pembuka
  2. Elektrische Staatsspoorwegen (ESS)
  3. Era perang dunia ke-II hingga selesai kemerdekaan
  4. Bantuan Jepang dalam memodernisasi KRL Jabodetabek
  5. Memasuki era KRL eks Jepang
  6. Era KAI Commuter Jabodetabek dan berdirinya MRT Jakarta
  7. Era Kereta Commuter Indonesia, melebarkan sayap elektrifikasi, KRL bandara, keluarga baru yang lebih ringan, dan MRT Jakarta beroperasi
  8. Heavy rail terelektrifikasi pertama di luar Jabodetabek

Halaman Selanjutnya: Elektrische Staatsspoorwegen (ESS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Pages ( 1 of 8 ): 1 2345 ... 8Berikutnya »

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: