Sekelumit Kisah Lokomotif Diesel Hidraulik di Britania Raya
![]() |
D821, salah satu lokomotif “Warship” yang masih aktif berdinas untuk KA Wisata | Sumber: westernchampion.co.uk |
Baca juga artikel bertema lokomotif diesel hidraulik lainnya, “ML-4000, Lokomotif Amerika Buatan Jerman yang Hanya Bertahan 7 Tahun”
![]() |
DB V200 yang merupakan basis dari “Warship” Class | Sumber : Wikimedia |
Class 42/43 “Warship” merupakan varian adaptasi langsung dari V200, dan ini terlihat dari bentuknya yang serupa, desain 2 mesin yang bahkan Class 42 sama-sama memakai mesin bertipe Maybach MD650 & transmisi Mekdyro. ”Warship” sendiri dibuat di 2 pabrik yang berbeda serta memiliki sedikit perbedaan spesifikasi, dimana Class 42 dibuat di Swindon Works & Class 43 dibuat di North British Locomotive atau NBL.
![]() |
D836, Salah satu Class 43 menarik sebuah Kereta Ekspres pada tahun 1962 | Sumber : Wikipedia |
Untuk Class 42 sendiri dibuat sebanyak 38 unit oleh Swindon Works dengan bernomor D800 hingga D832 & D866 hingga D870 dari Tahun 1958 hingga 1961, sedangkan Class 43 dibuat sebanyak 33 Unit oleh NBL dengan nomor D833 hingga D865 dari tahun 1960 hingga 1962. Meski penampilan keduanya serupa, bahkan juga memiliki nama “Warship”, ada perbedaan diantara Class 42 buatan Swindon serta Class 43 buatan NBL. Class 42 dilengkapi dengan 2 mesin Maybach MD650 V12 serta 2 transmisi Mekydro yang masing-masing mampu menghasilkan daya sebesar 1.035 HP pada D800-D802 serta 1.135 HP pada unit sisanya, yang serupa dengan yang digunakan oleh V200 milik DB di Jerman. Mesin Maybach MD650 yang digunakan oleh Class 42 “Warship” ini dibuat oleh Bristol Siddley, yang lebih dikenal dalam membuat mesin untuk pesawat terbang dengan lisensi dari Maybach Motorenbau Gmbh Jerman. Sementara, Class 43 dilengkapi dengan 2 mesin MAN L12V 18/21 dan dipasangkan dengan 2 Transmisi Voith LT306r yang masing-masing menghasilkan daya sebesar 1100 HP. Lokomotif ini memiliki konfigurasi Gandar B-B dengan berat sekitar 78 Ton, jauh lebih ringan dibanding sesama lokomotif diesel hidraulik Class 52 “Western” yang mencapai 108 ton atau lokomotif diesel elektrik Class 44 “Peak” yang mencapai 138 Ton.
![]() |
Spesifikasi Class 42 & Class 43 “Warship” | Sumber : westernchampion.co.uk |
Asal nama Warship sendiri dikarenakan lokomotif-lokomotif ini diberi Nama dari nama kapal perang milik Royal Navy, pengecualian D800 yang diberi nama “Sir Brian Robertson” dan D812 yang diberi nama ”Royal Naval Reserve 1859-1959”. Pada masa dinasannya, lokomotif-lokomotif ini dialokasikan di dipo Bristol Bath Road, Plymouth Laira, Newton Abbot serta Old Oak Common. Di bawah ini merupakan tabel nomor-nomor lokomotif Class 42 serta nama yang dikenakan oleh masing-masing lokomotif serta masa dinasannya yang disarikan dari Wikipedia.
Running number
|
Name
|
Date to traffic
|
Date withdrawn
|
Notes
|
D800
|
11 August 1958
|
5 October 1968
|
||
D801
|
7 November 1958
|
3 August 1968
|
Cut up at Swindon
|
|
D802
|
16 December 1958
|
5 October 1968
|
Cut up at Swindon
|
|
D803
|
16 March 1959
|
1 January 1972
|
Built at Swindon, lot no.
437. Date of order February 1957.
Cut up 6 October 1972 at Swindon
|
|
D804
|
23 April 1959
|
3 October 1971
|
Cut up 24 March 1972
at Swindon |
|
D805
|
13 May 1959
|
24 October 1972
|
Cut up 16 May 1972 at
Swindon |
|
D806
|
3 June 1959
|
2 November 1972
|
Cut up 1 May 1975 at
Swindon |
|
D807
|
24 June 1959
|
26 September 1972
|
Cut up 3 November 1972
at Swindon |
|
D808
|
8 July 1959
|
3 October 1971
|
Cut up 25 February
1972 at Swindon |
|
D809
|
19 August 1959
|
3 October 1971
|
Cut up 6 October 1972
at Swindon |
|
D810
|
16 September 1959
|
3 December 1972
|
Cut up 26 September
1973 at Swindon |
|
D811
|
14 October 1959
|
1 January 1972
|
Cut up 13 October 1972
at Swindon |
|
D812
|
12 November 1959
|
3 November 1972
|
Was to have been named Despatch
Cut up 4 July 1973 at Swindon |
|
D813
|
9 December 1959
|
1 January 1972
|
Cut up 30 September 1972
at Swindon |
|
D814
|
1 January 1960
|
7 November 1972
|
Cut up 20 February
1974 at Swindon |
|
D815
|
20 January 1960
|
3 October 1971
|
||
D816
|
17 February 1960
|
1 January 1972
|
Cut up 22 September
1972 at Swindon |
|
D817
|
9 March 1960
|
3 October 1971
|
Cut up 10 March 1972
at Swindon |
|
D818
|
30 March 1960
|
1 November 1972
|
Not scrapped until
1985 |
|
D819
|
25 April 1960
|
3 October 1971
|
Cut up 3 March 1972 at
Swindon |
|
D820
|
4 May 1960
|
2 November 1972
|
Cut up 15 August 1973
at Swindon |
|
D821
|
25 May 1960
|
3 December 1972
|
Preserved, renamed Chris Broadhurst in preservation.
|
|
D822
|
15 June 1960
|
3 October 1971
|
Cut up 18 February
1972 at Swindon |
|
D823
|
6 July 1960
|
3 October 1971
|
Cut up 19 May 1972 at
Swindon |
|
D824
|
27 July 1960
|
3 December 1972
|
Cut up 18 June 1975 at
Swindon |
|
D825
|
24 August 1960
|
23 August 1972
|
Cut up 27 October 1972
at Swindon |
|
D826
|
7 September 1960
|
18 October 1971
|
Cut up 21 January 1972
at Swindon |
|
D827
|
4 October 1960
|
1 January 1972
|
Cut up 13 October 1972
at Swindon |
|
D828
|
19 October 1960
|
28 May 1971
|
Cut up 7 April 1972 at
Swindon |
|
D829
|
23 November 1960
|
26 August 1972
|
Cut up 30 January 1974
at Swindon |
|
D830
|
19 January 1961
|
26 March 1969
|
Cut up 22 October 1971
at Swindon |
|
D831
|
11 January 1961
|
3 October 1971
|
Cut up 3 June 1972 at
Swindon |
|
D832
|
8 February 1961
|
16 December 1972
|
Preserved
|
|
D866
|
24 March 1961
|
1 January 1972
|
Built at Swindon, lot no. 448. Date of order April 1959.
Cut up 13 October 1972 at Swindon |
|
D867
|
26 April 1961
|
18 October 1971
|
Cut up 30 September
1972 at Swindon |
|
D868
|
18 May 1961
|
3 October 1971
|
Cut up 7 April 1972 at
Swindon |
|
D869
|
12 July 1961
|
3 October 1971
|
Cut up 23 June 1972 at
Swindon |
|
D870
|
25 October 1961
|
28 August 1971
|
Withdrawn following
minor accident damage which was not deemed worth repairing. Cut up 12 May 1972 at Swindon |
Akhir dari “Warship” di Western Region
![]() |
D824, menunggu untuk dirucat di Swindon Works, 1972 | Sumber : Wikipedia |
Pada akhirnya, diputuskanlah untuk memensiunkan lokomotif-lokomotif diesel hidraulik ini, diawali dengan ditariknya 3 unit awal pada 1968, hingga pada 1972 hanya menyisakan 3 lokomotif saja, yaitu D818 “Glory”, D821 “Greyhound” serta D832 “Onslaught”. D821 merupakan lokomotif bekas jalur utama yang dipreservasi dikarenakan kondisinya paling baik diantara seluruhnya.
![]() |
D818 sebelum dibesituakan di Swindon Works, 1985 |
D818 pada awalnya diupayakan untuk dipreservasi bersama D832, akan tetapi pada 1985 diputuskan untuk mempreservasi D832 yang sebelumnya sempat dikirim ke Railway Technical Centre di Derby serta membesituakan D818. D832 menggunakan sparepart yang berasal dari D818, dikarenakan tidak ada sparepart yang cukup untuk mempreservasi kedua lokomotif tersebut tanpa mencari komponen kompatibel yang berasal dari Jerman, meskipun pada September 2001, D832 dipasangkan transmisi Mekydro bekas Lokomotif DB yang didatangkan dari Jerman.
![]() |
D821 menarik KA Wisata | Sumber : westernchampion.co.uk |
![]() |
D821 (kanan) bersama D832 (kiri), 2 “Warship” Class yang dipreservasi | sumber : Wikimedia |
Pada akhirnya, hanya 2 Unit “Warship” yang berhasil diselamatkan, yaitu D821 “Greyhound” & D832 “Onslaught”. Keduanya merupakan Class 42 yang dibuat oleh Swindon Works, sedangkan untuk Class 43 Buatan NBL, seluruhnya ditarik dari dinasan lebih dahulu dibanding saudaranya serta seluruh unitnya telah dibesituakan. D821 maupun D832 sampai saat ini masih digunakan untuk keperluan KA Wisata atau acara seperti Diesel Gala yang diadakan setahun sekali dan acara lainnya.
Mau berbagi informasi seputar perkeretaapian, bis, maupun travel bersama RED Citizen Journalist? Caranya bisa dilihat di sini!