InternasionalKereta Api

Kereta Tidur Cepat Hong Kong – Shanghai Beroperasi 15 Juni

Kereta cepat CRH2E
Ilustrasi: Kereta cepat CRH2E, salah satu kereta cepat di Tiongkok | Foto: N509FZ, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

REDigest.web.id, 10/6 – Pemerintah Hong Kong akan mengoperasikan layanan kereta tidur cepat menuju Tiongkok pada Jumat (15/6) mendatang. Seperti dikutip dari Hong Kong Free Press, kereta tidur cepat ini akan menghubungkan kawasan West Kowloon dengan Shanghai dan Beijing.

Chief Executive John Lee mengatakan kereta tidur cepat ini akan beroperasi pada Jumat malam hingga Senin. Ia juga mengatakan kecepatan kereta tidur yang sebelumnya lambat bisa jadi lebih cepat, jumlah kursi kereta akan ditambah, serta fasilitas kereta lebih modern.

Lee mengatakan hadirnya layanan kereta tidur cepat ini dapat mempercepat waktu tempuh antara Hong Kong dan Beijing yang sebelumnya 24,5 jam menjadi 12 jam 34 menit serta Hong Kong dan Shanghai yang sebelumnya 19 jam 34 menit menjadi 11 jam 14 menit. Selain itu, penumpang juga menurut Lee dapat menghemat akomodasi hotel.

Ilustrasi: Tampak interior kereta tidur cepat yang akan beroperasi menghubungkan Hong Kong dan Tiongkok | Sumber: Hong Kong Free Press

Pengoperasian kereta tidur cepat ini merupakan salah satu bagian dari rencana Pemerintah Hong Kong untuk memulihkan kunjungan wisata ke wilayahnya. Demonstrasi besar-besaran pada 2019, pandemi COVID-19, hingga penangkapan sejumlah aktivis membuat kunjungan wisata ke Hong Kong turun drastis.

Dari data yang dirilis Pemerintah Hong Kong, pendapatan wisata pada Januari 2019 mencapai HKD48 juta. Selang 7 bulan pada Agustus 2019 saat demo besar-besaran, pendapatan terjun bebas hingga hanya HKD29,3 juta. Kondisi diperparah saat pandemi COVID-19 melanda pada Februari 2020 di mana pendapatan wisata mencapai titik terendah yakni HKD22,7 juta. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×