Alstom dan SNCF Perkenalkan TGV InOui Generasi Kelima!

REDigest.web.id, 30/3 – Setelah beberapa tahun, akhirnya perusahaan kereta api nasional Prancis, SNCF, dalam hal ini anak perusahaannya yang berfokus pada pengelolaan kereta api jarak jauh, SNCF Voyageurs, dan perusahaan manufaktur kereta api asal Prancis, Alstom, memperkenalkan interior terbaru dari kereta cepat terbarunya, yaitu TGV InOui generasi kelima, atau yang sebelumnya dikenal dengan TGV M. TGV M ini sendiri akan digunakan untuk layanan InOui, layanan kereta berkecepatan tinggi jarak jauh milik SNCF, dan meskipun nama awalnya adalah demikian, nantinya kereta ini akan dikenal sebagai TGV InOui generasi kelima saja.
Latar Belakang
TGV M Secara Umum
TGV M sendiri merupakan kereta TGV (train à grande vitesse) yang merupakan generasi kelima dari TGV dan akan digunakan untuk layanan TGV InOui (layanan kereta berkecepatan tinggi layanan penuh/full service). Pesanan kereta TGV M dilakukan dengan jumlah yang sangat besar, karena dilansir dari SNCF, sejumlah 115 rangkaian dipesan dengan nilai pemesanan senilai €3.5 miliar dan akan beroperasi untuk menggantikan kereta TGV seri lama serta menambah kapasitas angkut. Sama seperti kereta generasi sebelumnya, kecepatan maksimal kereta ini akan dioperasikan pada kecepatan 320 km/jam.
Kereta ini juga 100 persen didesain di Prancis, dengan target penyerapan 4.000 tenaga kerja di Prancis, sehingga SNCF dan Alstom mengharapkan bahwa inovasi industri dalam sistem manufaktur, sistem rantai pasok, serta investasi pada fasilitas baru dalam proses produksi TGV M ini dapat berkontribusi pada proses produksi yang lebih efektif dan efisien serta ramah lingkungan, serta meningkatkan perekonomian nasional dan penyerapan lapangan kerja.
Desain dan Eksterior

Desain dari TGV M sendiri merupakan pakem desain terbaru untuk kereta berkecepatan tinggi dari Alstom dalam satu keluarga seri baru, yaitu Avelia. Desain ini mirip dengan kereta Avelia Liberty yang akan digunakan di Amerika Serikat oleh Amtrak untuk layanan Acela. Dalam proses desain, SNCF juga melibatkan berbagai pihak seperti masinis, kondektur, serta pihak lainnya hingga lebih dari 2.000 orang dalam menyukseskan program TGV M ini. Mengenai livery pada kereta TGV M sendiri, livery yang digunakan memiliki warna dominan putih dengan pintu berwarna merah marun dan aksen abu-abu pada badan kereta, serta logo TGV InOui.
Kelebihan
Melansir dari SNCF, sebagai kereta terbaru untuk layanan jarak jauh full service, SNCF dan Alstom memberikan berbagai kelebihan dalam kereta TGV M ini, yang dibagi pada tiga aspek, yaitu kapasitas angkut, teknologi dan dampak terhadap lingkungan, dan kenyamanan penumpang.
Kapasitas Angkut
Kelebihan pertama dari kereta TGV M ini adalah kapasitas yang lebih besar sejumlah 20 persen dengan kapasitas sejumlah 740 penumpang, naik dari yang sebelumnya hanya 634 penumpang pada generasi TGV sebelumnya (TGV Duplex), interior yang dirancang lebih nyaman baik pada layanan kelas 1, kelas 2, dan kereta makan, modularitas dengan kemudahan pengaturan jumlah kereta dalam satu rangkaian dari 7 hingga 9 kereta maupun kemudahan konversi kereta kelas 1 menjadi kelas 2 dan sebaliknya serta kemudahan konversi konfigurasi interior.
Teknologi dan Dampak Lingkungan
Dengan teknologi terbaru, TGV M atau TGV InOui generasi kelima memberikan efisiensi energi sebanyak 20 persen dibandingkan dengan TGV Duplex atau dua lantai generasi sebelumnya dan emisi CO2 yang lebih rendah sebanyak 50 persen dibandingkan dengan kereta TGV satu lantai dengan desain aerodinamis dan teknologi kelistrikan terbaru yang lebih efisien. Memang, TGV M atau TGV InOui generasi kelima diproyeksikan untuk menggantikan TGV generasi lawas yang memiliki satu lantai saja pada setiap keretanya dan juga untuk menggeser kereta TGV Duplex generasi sebelumnya baik untuk sesama layanan TGV InOui maupun untuk layanan berbiaya rendah SNCF, Ouigo. Selain itu, kereta TGV M atau TGV InOui generasi kelima juga dibuat dari 25 persen bahan daur ulang, dan 97 persen bahan yang digunakan dapat didaur ulang, sehingga menurut SNCF dan Alstom, kereta TGV M atau TGV InOui generasi kelima merupakan kereta dengan jejak karbon terendah di pasaran saat ini. Adanya koneksi internet nirkabel (Wi-Fi) juga dapat menghasilkan data real-time untuk membantu pemeliharaan secara preventif pada komponen kereta.
Kenyamanan Penumpang
Kelebihan ketiga dari kereta TGV M atau TGV InOui generasi kelima ini adalah kenyamanan penumpang yang lebih baik, baik untuk penumpang kelas 1, kelas 2, pelanggan kereta makan, hingga kemudahan bagi penyandang disabilitas dalam menggunakan kereta TGV M ini. Berbagai fitur bagi penyandang disabilitas sangat diperhatikan dalam pembuatan kereta ini, seperti adanya Selain itu, fitur informasi real-time dan koneksi internet nirkabel juga diharapkan dapat memberikan pelayanan lebih bagi penumpang.
Interior Kereta Terbaru
Interior kereta TGV M atau TGV InOui generasi kelima ini dirancang untuk memiliki kapasitas angkut yang tinggi namun tetap mempertahankan tingkat kenyamanan yang tinggi bagi penumpang, dengan fleksibilitas untuk mengubah konfigurasi kereta, seperti untuk penambahan ruang bagasi maupun perubahan kelas kereta dari kelas 1 menjadi kelas 2 ataupun sebaliknya.
Kelas 1 dan Kelas 2

Kelas 1, sama seperti kereta TGV pada umumnya, menggunakan formasi kursi 2-1 sementara untuk kelas 2, sama seperti kereta TGV pada umumnya, menggunakan formasi kursi 2-2. Baik kereta kelas 1 dan kelas 2 memiliki susunan kursi berhadapan di tengah (airline-style). Pada TGV M atau TGV InOui generasi kelima, interior kereta TGV M sudah diperbarui dengan warna interior baru dan kursi yang lebih nyaman, dengan kursi warna merah marun untuk kelas 1 dan biru untuk kelas 2. Seluruh kursi dilengkapi dengan meja dan colokan listrik
Desain kursi dari TGV M atau TGV InOui generasi kelima ini juga dirancang agar ergonomis serta dapat bertahan dalam waktu lama dan ramah lingkungan, dengan material yang dirancang dapat bertahan hingga 30 tahun dan 90 persennya dapat didaur ulang. Tidak hanya itu, kereta ini juga memiliki rak bagasi yang desainnya membuat kapasitas bertambah 20 persen per penumpang, dan toilet yang ada didesain ulang untuk kenyamanan penumpang. Sistem pendingin ruangan dan penerangan kereta juga dirancang ulang untuk kenyamanan penumpang.
Kereta Makan

Kereta makan pada TGV M atau TGV InOui generasi kelima ini memiliki kelebihan paling signifikan, dikarenakan optimalisasi komponen kelistrikan membuat penggunaan tempat semakin efisien, sehingga untuk pertamakalinya kereta makan TGV dapat dibuat dua tingkat, mengingat pada kereta TGV dua tingkat generasi sebelumnya, kereta makan hanya menggunakan lantai kedua kereta dikarenakan lantai pertama digunakan untuk komponen kelistrikan pada kereta. Namun, karena optimalisasi yang dilakukan oleh Alstom, kedua lantai kereta dapat dimanfaatkan ruangannya untuk layanan kereta makan.
Pertama, lantai bawah, di mana TGV M merupakan kereta TGV pertama yang memiliki lantai bawah pada kereta makannya, menjadikannya sebuah bistro layan mandiri dengan adanya lemari pendingin dan mesin minuman panas, yang nantinya juga terdapat staf yang dapat membantu. Sementara untuk lantai atas, nantinya akan digunakan sebagai area khusus untuk makan dengan meja dan kursi yang memiliki berbagai susunan baik berhadapan dalam satu meja ataupun meja memanjang dengan kursi menghadap jendela.
Pelayanan Yang Lebih Baik

Tidak hanya kereta yang memiliki fitur serba baru, SNCF juga memberikan pelayanan yang diperbarui dengan adanya jaringan internet nirkabel, kereta makan dengan pilihan yang lebih lengkap dan menyesuaikan dengan musim, bantuan kepada penyandang disabilitas termasuk untuk pengguna kursi roda, serta perbaikan pada stasiun dan kereta TGV seri sebelumnya yang masih akan beroperasi pada layanan TGV InOui.
Kesimpulannya, kereta TGV M atau TGV InOui generasi kelima merupakan kereta terbaru dari SNCF untuk layanan kereta berkecepatan tinggi jarak jauhnya yang diharapkan dapat meningkatkan pelayanan bagi penumpang kereta di Prancis. (RED/FD)