Rangkaian MRT Jakarta Jalani Uji Lintas Perdana

Rangkaian MRT Jakarta pertama saat menjalani uji lintas perdana | MRT Jakarta

[9/8]. Sejarah perkeretaapian baru kembali tercipta di Jakarta. Sore tadi rangkaian MRT Jakarta jalani uji lintas perdananya. Uji lintas perdana ini memiliki rute yang sangat pendek yakni dari dalam Dipo Lebak Bulus ke sepur badug yang berada di ujung jalur MRT. Uji coba dilakukan dengan melangsir rangkaian keluar dipo sampai mendekati badug lalu kembali lagi ke dipo.
Uji coba ini dihadiri sejumlah pejabat MRT Jakarta termasuk Dirut MRT Jakarta William Sabandar. Dalam uji coba ini rangkaian kereta masih dikendalikan secara manual oleh masinis di dalam kabin. Uji coba dilakukan untuk melihat kesiapan aliran listrik di jalur sebelum dilaksanakan uji coba yang lebih jauh. Uji lintas perdana menggunakan rangkaian pertama MRT Jakarta atau set K1 1 18 01-06. 
Uji coba ini merupakan bagian dari uji coba tahap satu. Rencananya uji coba jalur akan dilakukan secara bertahap sepanjang Agustus hingga September. Ada empat tahap uji coba yang akan dilakukan yakni tahap satu pada minggu kedua Agustus uji coba kecepatan rendah dari Lebak Bulus hingga Cipete Raya, tahap kedua uji coba kecepatan rendah di lintas utama pada minggu ketiga Agustus, tahap ketiga uji coba kecepatan menengah di lintas utama pada minggu keempat Agustus, dan terakhir tahap keempat uji coba kecepatan tinggi pada minggu pertama September.

Untuk sementara uji coba masih dilakukan secara manual oleh masinis untuk melihat keamanan jalur serta kesiapan infrastruktur utama seperti jalur dan LAA. Namun ke depannya uji coba dapat dilakukan secara otomatis menggunakan automatic train operation (ATO) setelah semuanya siap dan dinyatakan aman.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×