2024, Kereta MRT Jakarta Ditargetkan Beroperasi Sepanjang 110 Kilometer

Armada MRT Jakarta di Lebak Bulus
Armada MRT Jakarta di Dipo Lebak Bulus | Foto: MRT Jakarta

[17/09] – Sebagai salah satu moda transportasi berbasis rel masa depan di Jabodetabek, tentu saja MRT Jakarta telah memasang target untuk menyongsong masa depan. Sebut saja dengan menargetkan total panjang lintas MRT yang beroperasi dapat mencapai 110 kilometer pada tahun 2024 mendatang.

Berdasarkan apa yang dilansir dari Tribun News, Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar menerangkan bahwa pihaknya mengupayakan MRT Jakarta pada tahun 2024-2025 mendatang sudah punya jaringan dengan panjang total 110 kilometer dengan sebagian jalur lainnya masih dalam pengembangan. Pencapaian target ini dimulai dengan membangun lintas Utara-Selatan.

William menambahkan pada saat ini proses konstruksi lintas MRT Utara-Selatan fase I dengan rute Lebak Bulus РBundaran HI telah mencapai 95,96% dengan sisa 4% meliputi pengujian sistem dan pelatihan operasi kereta. Lintas MRT Utara-Selatan fase I ini sendiri telah dibangun dari Oktober tahun 2013 dan direncanakan akan beroperasi pada Maret tahun 2019 mendatang, sementara fase II dengan rute Bundaran HI РKampung Bandan akan mulai dilakukan groundbreaking  Desember tahun 2018 ini.

Sementara itu direncanakan pada tahun 2020 mendatang akan mulai dibangun jalur Timur – Barat dari Balaraja ke Cikarang dengan panjang di wilayah DKI Jakarta 33 km dari Kalideres hingga Ujung Menteng. Dalam pengembangannya jalur ini nantinya juga akan menjangkau provinsi Banten dan Provinsi Jawa Barat.

Sumber

Tribun News

RED | Ikko Haidar Farozy

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

√ó
%d blogger menyukai ini: