Lokomotif Tabrak Badug dan Meledak di Kairo, 25 Orang Tewas

lok meledak kairo
Lokomotif yang hangus terbakar setelah menabrak badug dan meledak di Stasiun Ramses, Kairo, Mesir | BBC

[28/2]. Sebuah kecelakaan kereta api yang sangat tragis terjadi di Negeri Para Firaun, Mesir. Sebuah lokomotif menabrak badug dan meledak di Stasiun Ramses di ibukota Kairo kemarin. Hampir seluruh badan lokomotif dilalap si jago merah. Peron tempat lokomotif menabrak badug hangus terbakar akibat ledakan. Bangunan stasiun juga mengalami kerusakan akibat ditabrak lokomotif.

Seorang saksi mata menuturkan pada saat kejadian lokomotif memasuki stasiun dengan kecepatan yang tinggi. Seorang petugas dari dalam lokomotif berteriak kalau rem lokomotif blong dan tidak dapat dihentikan. Petugas itu kemudian melompat dari dalam lokomotif. Lokomotif menabrak badug dan meledak. Bola api raksasa menghanguskan apa saja yang berada di sekitar lokomotif.

Penumpang yang panik kemudian berlarian untuk menyelamatkan diri. Diduga ledakan berasal dari tangki bahan bakar yang pecah dan bahan bakar yang berada di dalamnya tersulut api.

bangku kebakar
Bangku dan sebuah kios di peron yang hangus terbakar akibat ledakan | BBC

Petugas pemadam kebakaran dan paramedis didatangkan untuk memadamkan api dan menyelamatkan korban ledakan. Akibat peristiwa ini 25 orang tewas dan 50 lainnya luka-luka. Korban luka selanjutnya dibawa ke rumah sakit terdekat guna mendapatkan perawatan medis.

Perdana Menteri Mesir Mostafa Madbouli yang datang ke lokasi kejadian memerintahkan pihak terkait untuk segera melakukan investigasi mengenai penyebab kecelakaan ini. Presiden Mesir Abdul Fattah al-Sisi menghaturkan belasungkawa kepada keluarga korban tewas dalam kecelakaan ini. Setelah kecelakaan terjadi, Menteri Transportasi Mesir Hisham Arafat mengundurkan diri dari jabatannya.

Belum diketahui secara pasti penyebab kecelakaan. Situs berita swasta al-Shourouq mengabarkan bahwa pada saat kejadian lokomotif sedang dalam perawatan dan kemudian larat dengan kecepatan tinggi ke arah stasiun. Kereta api Mesir memang memiliki catatan keselamatan yang sangat buruk. Lemahnya regulasi serta infrastruktur penunjang yang buruk dituding menjadi penyebab tingginya angka kecelakaan kereta api di Mesir.

(RED/BTS)

BBC

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: