CRRC Tangshan Perlihatkan Rangkaian Kereta Cepat Formasi “Bongkar-Pasang”

CRH3X
Rangkaian CRH3X produksi CRRH Tangshan | Railjournal

[1/3]. Pabrikan kereta api asal Tiongkok, CRRH Tangshan, telah meluncurkan produk kereta cepat barunya yakni CRH3X. Rangkaian baru ini diluncurkan pada Selasa kemarin. Meski terlihat seperti kereta cepat pada umumnya, namun ada satu keunggulan dari rangkaian kereta cepat ini yakni formasi rangkaiannya dapat dibongkar pasang sesuai kebutuhan.

Biasanya rangkaian kereta cepat hanya bisa beroperasi dengan formasi tetap semisal 8 atau 16 kereta serta tidak dapat dibongkar pasang selayaknya kereta biasa. Namun CRH3X ini berbeda. Rangkaian ini formasinya dapat dibongkar-pasang sesuai kebutuhan. CRH3X dapat beroperasi dengan formasi 2 hingga 16 kereta dan formasinya dapat diacak.

CRH3X
Tangga naik ke ruang penumpang dari bagian bawah kereta double-deck CRH3X | Railjournal

CRRC Tangshan mengembang sistem traksi dan sambungan kereta baru untuk mempermudah bongkar-pasang rangkaian kereta. Selain itu, CRRC Tangshan juga mengembangkan desain baru dari rangkaian kereta. Kereta dibuat bertingkat di mana di bagian bawah kereta makan dan kereta penumpang digunakan sebagai kompartemen barang sehingga kereta dapat mengangkut banyak barang dan penumpang di saat bersamaan.

Terdapat tiga kelas di rangkaian CRH3X yakni sleeper, double-deck duduk, dan bisnis. Dengan sistem kontrol jaringan cerdas seluruh penumpang dapat menikmati WiFi gratis, memesan makanan, hingga menyewa ruang di kompartemen barang. CRRC Tangshan berencana untuk membuat tiga varian dari CRH3X ini berdasarkan kecepatan operasionalnya yakni 160 km/jam, 250 km/jam, dan 350 km/jam.

Dibuatnya rangkaian CRH3X juga merupakan sebuah kebanggaan bagi CRRC Tangshan. Pasalnya mereka memegang setidaknya 80 hak paten dari pengembangan rangkaian ini. Selain itu, CRRC Tangshan juga mendapatkan piala emas di ajang China Excelent Industrial Award serta memenangkan Design Intelligence Award pada 2018.

(RED/BTS)

Railjournal

Global Times

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: