Jalur Baru Stasiun Cikarang Dioperasikan

KRL Commuter Line melintasi jembatan menuju jalur baru Stasiun Cikarang | Foto: Nurachman Hafizh

[21/5] Setelah lebih dari dua tahun tidak digunakan setelah beroperasinya KRL Commuter Line, akhirnya jalur baru Stasiun Cikarang beroperasi juga. Pemberangkatan KRL yang semula berada di jalur 1 lama dengan peron bancik pun berpindah ke jalur 1 baru dengan peron permanen.

Pengoperasian jalur Stasiun Cikarang yang baru ini dilakukan mulai Rabu (20/5) kemarin. Sebelum pengoperasian, dilakukan ujicoba dengan mesin perawatan jalan rel (MPJR) mulai pada tanggal 15 Mei. Ujicoba ini kemudian dilanjutkan dengan lokomotif pada tanggal 17 Mei lalu. Setelah kedua proses ujicoba berlangsung baik, dilakukan switchover pada malam menjelang 20 Mei untuk memindahkan jalur kereta ke emplasemen baru.

MPJR yang diujicobakan di jalur baru Stasiun Cikarang | Foto: Nurachman Hafizh

Pada hari pertama pengoperasiannya, tampak KRL Commuter Line lintas Jakarta Kota-Cikarang dimasukkan ke jalur 1 yang baru, sedangkan jalur 4 diisi oleh MPJR yang parkir. Selain itu, dilakukan sebuah pameran galeri yang menggambarkan progres pembangunan Stasiun Cikarang yang baru di concourse lantai 2 yang telah digunakan sejak 2017.

Jalur 1 baru Stasiun Cikarang diisi KRL, sedang jalur 4 diisi MPJR | Foto: Nurachman Hafizh
Pameran galeri progres pembangunan Stasiun Cikarang | Foto: Nurachman Hafizh

Sebagai dampak dari switchover ini juga, jalur 1-4 lama tidak lagi digunakan untuk sementara waktu. (RED/IHF)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: