Kurangi Antrean di Stasiun, KCI Terapkan Sistem Booking Antrean Online

Antrean penumpang yang terjadi di Stasiun Bogor | Kompas.com

[29/7] Antrean penumpang Commuter Line yang mengular di sejumlah stasiun akibat pembatasan jumlah penumpang yang diterapkan guna mencegah wabah COVID-19 dikeluhkan sebagian besar penumpang. KCI pun harus memutar otak supaya supaya penumpang tidak menunggu terlalu lama untuk masuk ke stasiun serta membuat antrean yang bisa membuat penyebaran wabah COVID-19 bertambah parah.

Selasa (28/7) kemarin KCI meluncurkan sistem booking antrean stasiun online. Fitur booking antrian online ini tersedia di aplikasi KRL Access terbaru yang dirilis pihak KCI di Play Store dan AppStore. Untuk melakukan booking, terlebih dahulu pengguna menginstall dahulu aplikasi KRL Access terbaru.

Selanjutnya penumpang melakukan registrasi dengan mengisi nama lengkap, alamat email, dan password serta melakukan verifikasi email. Selanjutnya penumpang login menggunakan akun yang sebelumnya didaftarkan.

Fitur booking antrian tersedia di muka halaman awal. Klik menu “Ambil Antrian” untuk memulai booking.

Tampilan aplikasi KRL Access yang baru

Selanjutnya pilih stasiun keberangkatan. Setelah stasiun dipilih maka akan muncul pilihan jam keberangkatan serta ketersediaan antrian.

Pilih jam keberangkatan yang diinginkan dan pastikan antrean di jam tersebut tersedia. Setelah dipilih aplikasi akan memastikan apakah pengguna akan mengambil jam antrean tersebut. Jika sudah yakin pilih ya dan jam booking pilihan kita akan disimpan oleh sistem.

Pilihan waktu antrean masuk stasiun

Di menu check in, nantinya akan ada timer yang menghitung mundur sampai waktu check in yang kita pilih. Ketika waktu check in sudah tiba, nantinya timer akan berubah warna dari yang sebelumnya berwarna merah menjadi hijau dan aplikasi akan memberitahukan kalau penumpang sudah diizinkan untuk memasuki stasiun dan timer akan kembali menghitung mundur berapa lama penumpang bisa melakukan check in.

Tampilan menu check in di aplikasi KRL Access

Diharapkan dengan hadirnya sistem booking antrean online ini penumpang dapat mengatur kembali waktu keberangkatan mereka sehingga bisa mengurangi antrean masuk serta mengurangi kepadatan di stasiun.(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: