Lahore Metro Jalur Oranye Resmi Beroperasi

Lahore Metro Jalur Oranye yang resmi beroperasi pada Minggu kemarin | Foto: Xinhua
Lahore Metro Jalur Oranye yang resmi beroperasi pada Minggu kemarin | Foto: Xinhua

[27/10] Warga Kota Lahore, Pakistan kini tengah berbahagia. Pasalnya layanan kereta metro pertama di Pakistan, Lahore Metro Jalur Oranye resmi beroperasi untuk publik. Seperti dilansir dari Xinhuanet, jalur ini resmi beroperasi pada Minggu (25/10) kemarin.

Proyek jalur ini merupakan titik awal dari proyek China-Pakistan Economic Corridor (CPEC). Kontraktor proyek jalur ini berasal dari Tiongkok yakni China Railway Co., Ltd., dan China North Industry Corporation. Sedangkan operatornya gabungan dari tiga perusahaan yakni Guangzhou Metro, Norinco International, dan Daewoo Pakistan Express Bus Service.

Sekretaris Menteri Punjab Sardar Usman Buzdar mengatakan pihaknya sangat berterimakasih kepada Tiongkok atas dukungannya dalam mengembangkan transportasi umum di wilayah Punjab. Sardar menambahkan ia berharap hadirnya kereta metro ini dapat mempererat hubungan antara Pakistan dan Tiongkok.

Lahore Metro Jalur Oranye memiliki panjang total 27 kilometer dari Stasiun Alitown hingga Stasiun Dera Gujran. Jalur ini memiliki 26 stasiun perhentian di mana 24 merupakan stasiun layang dan 2 lagi stasiun bawah tanah.

Sarana keretanya menggunakan KRL Type B buatan pabrikan Tiongkok CRRC Zhuzhou. Sebanyak 27 set kereta diproduksi untuk jalur ini di mana 1 set terdiri atas 5 kereta. Ditargetkan jalur ini dapat mengangkut hingga 250.000 penumpang setiap harinya. (RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: