Berita KAInternasionalKereta Api

KRD Ringan Revolution akan Jalani Uji Coba pada 2021 Mendatang

Prototipe KRD ringan Revolution
Prototipe KRD ringan Revolution | Foto: Railjournal

[23/12] Pada umumnya kendaraan yang berkategori “kendaraan rel ringan” (Light Rail Vehicle atau LRV) menggunakan tenaga listrik. Namun bagaimana dengan kendaraan rel ringan dengan tenaga diesel? Hal inilah yang sedang dieksplorasi oleh tim dari Konsorsium Revolution VLR dan Universitas Warwick dalam wujud VLR (Very Light Rail)atau KRD ringan.

Dilansir dari Railjournal, prototipe KRD ringan yang dikembangkan mereka saat ini telah dikirim ke Quinton Rail Technology Centre di Warwickshire. Di tempat ini, prototipe ini akan menjalani tahap penyelesaian akhir dan integrasi sistem sebelum uji coba pada 2021 mendatang. Uji coba yang rencananya dilaksanakan pada Februari ini akan dilakukan di Very Light Rail National Innovation Centre (VLRNIC) di Dudley, West Midlands. Selanjutnya, prototipe KRD ringan ini akan didemonstrasikan di hadapan stakeholder dan sponsor potensial.

Pengembangan KRD ringan ini terbagi atas dua fase, yaitu fase desain dan fase produksi. Fase desain dibayai oleh pinjaman 12,2 juta Poundsterling dari West Midlands Combined Authority Devolution Deal dan tambahan 2,45 juta Poundsterling dari Coventry and Warwickshire Local Enterprise Partnership LEP Growth Fund. Sedangkan fase produksi dibiayai oleh pinjaman sebesar 2,75 juta Poundsterling dari Department for Transport.

Revolution VLR menargetkan KRD ringan mereka dapat menjadi alternatif yang lebih murah dari Kereta Rel Baterai dan LRV di kota kecil dan sedang seperti Coventry. Selain itu, KRD ringan ini ditargetkan akan memiliki tekanan gandar 4 ton, kapasitas 20 penumpang duduk dan 30 penumpang berdiri, memiliki konten Inggris 70%, dan mempunyai harga jual 650.000 Poundsterling. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×