KRD Ringan Revolution akan Jalani Uji Coba pada 2021 Mendatang

Prototipe KRD ringan Revolution
Prototipe KRD ringan Revolution | Foto: Railjournal

[23/12] Pada umumnya kendaraan yang berkategori “kendaraan rel ringan” (Light Rail Vehicle atau LRV) menggunakan tenaga listrik. Namun bagaimana dengan kendaraan rel ringan dengan tenaga diesel? Hal inilah yang sedang dieksplorasi oleh tim dari Konsorsium Revolution VLR dan Universitas Warwick dalam wujud VLR (Very Light Rail)atau KRD ringan.

Dilansir dari Railjournal, prototipe KRD ringan yang dikembangkan mereka saat ini telah dikirim ke Quinton Rail Technology Centre di Warwickshire. Di tempat ini, prototipe ini akan menjalani tahap penyelesaian akhir dan integrasi sistem sebelum uji coba pada 2021 mendatang. Uji coba yang rencananya dilaksanakan pada Februari ini akan dilakukan di Very Light Rail National Innovation Centre (VLRNIC) di Dudley, West Midlands. Selanjutnya, prototipe KRD ringan ini akan didemonstrasikan di hadapan stakeholder dan sponsor potensial.

Pengembangan KRD ringan ini terbagi atas dua fase, yaitu fase desain dan fase produksi. Fase desain dibayai oleh pinjaman 12,2 juta Poundsterling dari West Midlands Combined Authority Devolution Deal dan tambahan 2,45 juta Poundsterling dari Coventry and Warwickshire Local Enterprise Partnership LEP Growth Fund. Sedangkan fase produksi dibiayai oleh pinjaman sebesar 2,75 juta Poundsterling dari Department for Transport.

Revolution VLR menargetkan KRD ringan mereka dapat menjadi alternatif yang lebih murah dari Kereta Rel Baterai dan LRV di kota kecil dan sedang seperti Coventry. Selain itu, KRD ringan ini ditargetkan akan memiliki tekanan gandar 4 ton, kapasitas 20 penumpang duduk dan 30 penumpang berdiri, memiliki konten Inggris 70%, dan mempunyai harga jual 650.000 Poundsterling. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: