Berita KAIndonesiaKereta ApiMRT Jakarta

Terowongan MRT Bundaran HI – Monas Rampung Terhubung

TBM 1 yang berhasil menembus dinding Stasiun Bundaran HI | Foto: Instagram MRT Jakarta

REDigest.web.id, 12/4 – Proyek Jalur MRT Jakarta Fase 2A telah memasuki babak baru. Pada 20 Maret lalu tunnel boring machine 1 (TBM 1) berhasil menembus dinding Stasiun Bundaran HI dari arah Stasiun Thamrin. Tembusnya dinding utara Stasiun Bundaran HI menandai tersambungnya terowongan Jalur Fase 2A dari Stasiun Bundaran HI hingga Stasiun Monas.

Sebelumnya TBM 1 berhasil mengebor terowongan yang menghubungkan Stasiun Bundaran HI dan Stasiun Thamrin arah Kota. Setelah berhasil menghubungkan Stasiun Bundaran HI dan Thamrin, TBM 1 selanjutnya akan dibongkar dan diangkut ke Stasiun Monas untuk mengebor terowongan antara Stasiun Monas dan Stasiun Harmoni.

Selain TBM 1, ada juga TBM 2 yang berhasil menghubungkan Stasiun Thamrin dengan Stasiun Monas di arah Kota pada 15 Desember 2022. Sementara untuk arah sebaliknya masih dalam masa konstruksi sejak 20 Februari 2023. Proyek MRT Jakarta Fase 2 sendiri terbagi atas 2 sub fase yakni Fase 2A yang menghubungkan Bundaran HI dengan Monas dan Fase 2B yang menghubungkan Monas dengan Kota.

Ditargetkan Fase 2A akan rampung pada 2027 dan Fase 2B akan rampung pada 2029 mendatang. (RED/BTS)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×