Berita KAInternasionalKereta Api

4 Orang Tewas Dalam Pembakaran Kereta Penumpang di Bangladesh

Petugas pemadam kebakaran yang tengah memadamkan api di kereta penumpang yang dibakar di Dhaka | Foto: AFP via Liputan6

REDigest.web.id, 8/1 – Sebanyak 5 orang tewas dan 8 orang luka parah dalam pembakaran kereta penumpang yang terjadi di Dhaka, Bangladesh pada Jumat (5/1) kemarin. Seperti dilansir dari Liputan 6, pihak kepolisian kemudian menurunkan jumlah korban tewas menjadi 4 orang.

Kereta yang dibakar adalah KA Benapole Express relasi Dhaka-Benapole. Sebanyak 5 kereta hangus terbakar dalam insiden ini. Dalam video yang beredar di media sosial terlihat api melahap kereta yang terbakar. Petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api yang melahap seluruh kereta.

Kepolisian Bangladesh menduga kebakaran kereta disebabkan oleh sabotase yang dilakukan oleh kelompok oposisi Partai Nasionalis Bangladesh (BNP) jelang pemilu yang akan berlangsung di Bangladesh pada Minggu (7/1). Polisi telah menangkap politikus BNP Nabiullah Nabi dan 6 orang aktivis karena diduga terlibat dalam pembakaran kereta ini.

Selain di KA Benapole Express, pembakaran juga dilakukan pada 14 tempat pemungutan suara (TPS) di Bangladesh dan sebuah kuil Budha di tenggara Kota Chittagong. Markas partai penguasa Liga Awami juga diserang oleh sekelompok massa.

Ini merupakan kebakaran kereta ke sekian kalinya yang terjadi di Bangladesh sejak akhir 2023 lalu. Kepala Otoritas Perkeretaapian Bangladesh Quamrul Ahsan mengatakan setidaknya sudah empat kali pembakaran kereta penumpang terjadi jelang bergulirnya pemilu.

Akibat peristiwa ini Otoritas Perkeretaapian Bangladesh membatalkan 32 perjalanan kereta api selama akhir pekan guna mencegah aksi sabotase susulan jelang pemungutan suara. Ahsan juga mengatakan pihaknya telah menambah personel keamanan di stasiun dan di dalam kereta. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×