Berita KAIndonesia

Evakuasi Kecelakaan KA Selesai Dilakukan, Petak Haurpugur-Cicalengka Kembali Dibuka

Bangkai lokomotif dan rangkaian Turangga yang disimpan sementara di Stasiun Cicalengka | Foto: Ridwan Firdaus

REDigest.web.id, 6/1 – Proses evakuasi rangkaian Commuter Line Bandung Raya dan Turangga yang bertabrakan di sinyal masuk Stasiun Cicalengka selesai dilakukan. Seperti dilansir dari rilis KAI, petak antara Haurpugur dan Cicalengka kembali dibuka pada Sabtu (6/1) pagi pada pukul 06.30.

Untuk sementara petak antara Haurpugur dan Cicalengka dapat dilintasi dengan kecepatan 20 km/jam. Lokomotif serta rangkaian Turangga dan Commuter Line Bandung Raya yang berhasil dievakuasi diangkut ke Stasiun Cicalengka untuk disimpan sementara. KA pertama yang melintas adalah KA 267 Cikuray relasi Garut-Pasar Senen pada pukul 08.56 WIB.

Perjalanan KA yang sebelumnya terkena pengalihan, pemotongan relasi, atau dibatalkan seperti KA Serayu, Cikuray, Argo Wilis, Malabar, Kahuripan, dan Turangga dapat kembali beroperasi seperti sedia kala. Sementara itu berdasarkan rilis KAI Commuter, untuk KA Commuter Line Bandung Raya dan Garut masih pemendekan relasi hingga Rancaekek. Saat ini perbaikan tengah dilakukan pada jalur yang terdampak kecelakaan ini.

Dalam evakuasi ini sebanyak 200 personel gabungan diturunkan yang terdiri dari KAI, KAI Commuter, BTP Jabar, BASARNAS, TNI, Polri, dan warga sekitar. Crane Kirow milik Depo Lokomotif Bandung dan Solo Balapan diturunkan untuk mengevakuasi rangkaian dan lokomotif. Sementara untuk penyebab pasti kecelakaan masih dalam proses investigasi oleh KNKT. (RED/BTS)

Pembaruan 6 Januari – Pada Sabtu (6/1) siang, Commuter Line Bandung Raya telah beroperasi normal kembali hingga Stasiun Cicalengka. KA 352 dengan jadwal 09.52 dari Stasiun Padalarang menjadi Commuter Line Bandung Raya pertama yang bisa beroperasi kembali hingga Cicalengka.

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×