BusBus Antarkota/PariwisataDebutTeknologi

Mercedes-Benz OH 1626 Euro 4, Pelan-Pelan Mulai Berseliweran di Jalanan

Bus 27 Trans Mercy 1626
27 Trans “Hamingja”, salah satu dari beberapa perusahaan otobus yang memiliki Sasis Mercedes-Benz OH 1626 Euro 4. | Foto: Aufa Ijlal Alifo

REDigest.web.id, 6/1 – Kebijakan pemerintah dalam menetapkan standar emisi Euro 4 pada April 2022 lalu membuat semua ATPM kendaraan niaga dan komersil melakukan penyesuaian terhadap produk-produknya, salah satunya Mercedes-Benz. Merek asal Jerman ini sebelumnya telah menjual salah satu produk sasis unggulan untuk unit big bus yaitu sasis Mercedes-Benz OH 1626 NG Euro 3 Manual Transmission.

Pasca penetapan standar emisi Euro 4, sasis ini akhirnya distop produksinya, dan selang beberapa bulan sasis tersebut benar-benar ludes. Bila pun ada sasis Mercedes-Benz OH 1626 NG yang masih tersedia hanyalah versi Automatic Transmission yang jumlah stoknya hanya tersisa beberapa unit. Bisa dikatakan, sasis Mercedes-Benz OH 1626 NG merupakan sasis yang sangat diminati bagi sebagian perusahaan otobus (PO).

1626 matic
PO TAM (Tunas Antarnusa Muda), salah satu PO bus pariwisata yang mengoperasikan sasis Mercedes-Benz OH 1626 NG Automatic. | Foto: Aufa Ijlal Alifo

Hampir setahun menunggu kepastian dari pihak Mercedes-Benz, awal September 2023 menjadi titik terang di mana sasis Mercedes-Benz OH 1626 NG Euro 4 masuk ke Indonesia dan mulai antri di salah satu karoseri bus. Fitur baru dari sasis ini adalah penggunaan sistem catalytic reduction yang selektif dengan bantuan cairan aditif yang dapat menurunkan kadar nitrogen oksida.

Cairan tersebut dikenal dengan nama AdBlue yang tersedia pada sasis dengan kapasitas tangki sebesar 60 liter. Saat digunakan, cairan ini akan menyemprotkan langsung ke zat emisi sehingga gas buang knalpot akan lebih bersih dari sebelumnya. Selain itu hal baru dari sasis ini adalah model stir dan tuas transmisi yang berbeda dari model pendahulunya.

1626
Perbedaan bentuk kemudi dan tuas transmisi antara Mercedes-Benz OH 1626 keluaran terbaru (atas) dengan keluaran pendahulunya (bawah). | Foto: Aufa Ijlal Alifo, RED/Enrico Perdana Putra.

Dengan perubahan dan pembaharuan fitur tersebut, lantas perusahaan otobus apa saja yang telah menggunakan sasis ini dalam jajaran armada mereka? Berikut adalah daftarnya:

Citra Dewi

Sugeng Rahayu

27 Trans

TAM Wisata

Sinar Jaya

Fajar Riau Wisata

Sapphire

Paimahan

Kalingga Jaya

Mega Citra Wisata

Garuda Mas

Agramas

Mega Mas

HCS Trans

Muji Jaya Putra Mandiri

Kerub

Hingga artikel ini terbit masih terdapat beberapa PO yang merilis unit-unitnya dengan sasis tersebut, Update per Sabtu 13 Januari 2024 terdapat PO Jurus Elang rilis pada Jumat sore (12/1) yang di mana PO ini merupakan perusahaan otobus yang bergerak melayanani jasa bus pariwisata asal Semarang.

Akankah kejayaan Mercedes-Benz OH 1626 akan terus berlanjut hingga ke depannya? Biarkan waktu yang akan menjawab semuanya.

Semeru
Semeru Transindo, salah satu PO yang mengoperasikan unit busnya dengan sasis Mercedes-Benz OH 1626 Euro 4. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra.

(RED/EPP)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×