BusBus Rapid Transit/PerkotaanMikrotransTransJakarta

Baru Sebulan Hadir, ke Mana Hilangnya Fitur Tracking TransJakarta di Google Maps?

Fitur tracking TransJakarta yang sebelumnya muncul lalu menghilang pada pertengahan Juli lalu | Sumber data: Tangkapan layar Google Maps

REDigest.web.id, 27/6 – Baru sebulan muncul, fitur tracking bus TransJakarta secara tiba-tiba menghilang. Fitur ini mulai menghilang dari Google Maps pada Jumat (21/7) lalu. Menghilangnya fitur ini tentu saja membuat kesal sebagian besar pengguna TransJakarta.

Pasalnya pasca Trafi tak lagi bisa digunakan, melacak posisi bus TransJakarta tidak bisa dilakukan oleh pengguna. Selain itu tidak semua halte menyediakan layar penunjuk posisi bus. Kalaupun ada seringkali lokasi yang ditampilkan tidak akurat.

Tim REDaksi melakukan pengecekan pada aplikasi Google Maps dan menemukan kalau fitur tracking benar-benar sudah menghilang. Sebagai contoh Tim REDaksi melakukan pelacakan bus dari halte Jamsostek 2 dan tidak ada satu pun posisi bus yang ditampilkan.

Aplikasi Google Maps yang tak lagi menampilkan posisi bus | Sumber data: Tangkapan layar Google Maps

Pihak TransJakarta seperti dihubungi oleh Tim REDaksi masih belum memberikan jawaban mengenai hilangnya fitur tracking dari Google Maps. Seorang pengguna media sosial X, @gumilardoo, kemudian menanyakan hal ini melalui website pengaduan Pemprov DKI Jakarta namun hasilnya juga tidak memuaskan.

Pihak TransJakarta mengatakan penghapusan fitur tracking bus di Google Maps merupakan wewenang dari Google sendiri dan menyarankan untuk bertanya pada pihak Google.

Sejumlah orang menduga jika fitur tracking ini memang sengaja ditutup oleh pihak TransJakarta sendiri. Ada pula yang menduga kalau pihak TransJakarta tengah mengembangkan aplikasi baru yang bisa melacak posisi bus TransJakarta.

Sebelumnya pada pertengahan Mei lalu, Google Maps menambahkan fitur tracking bus. Tentu saja fitur ini mendapatkan sambutan baik dari masyarakat karena bisa melacak posisi bus secara real time. Selain itu, hampir semua layanan TransJakarta baik bus koridor, bus non koridor, hingga Mikrotrans dapat dilacak menggunakan Google Maps.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×