BusBus Rapid TransitMikrotransTransJakarta

Sekarang Bisa Lacak Lokasi Bus TransJakarta Lewat Google Maps

TransJakarta Restu Ibu Integra T11
Ilustrasi: Bus TransJakarta koridor T11 yang menelusuri jalan Benteng Betawi dekat terminal Poris Plawad, tahun 2023. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 14/5 – Anda penumpang TransJakarta? Bingung di mana lokasi bus anda saat ini? Sekarang tidak usah khawatir karena anda bisa melacak lokasi bus TransJakarta yang akan anda naiki menggunakan aplikasi Google Maps.

Ya aplikasi GPS besutan Google ini sekarang sudah bisa digunakan untuk melacak posisi bus TransJakarta. Seperti dikutip dari Tempo, fitur ini sebenarnya sudah dikembangkan sejak 2022 lalu.

Cara menggunakan fitur ini cukup mudah. Pertama buka aplikasi Google Maps lalu cari lokasi halte perhentian TransJakarta. Misalnya di sini yang dipilih adalah Halte Bundaran Senayan. Di sini dapat dilihat posisi bus yang akan berhenti di halte.

Anda juga dapat melihat relasi bus dengan mengklik ikon bus yang mendekat. Posisi bus yang ditampilkan real time sesuai posisi bus di GPS.

Pelacakan bus TransJakarta BRT dari Halte Bundaran Senayan menggunakan Google Maps | Foto: tangkapan layar Google Maps

Selain bus BRT, pelacakan posisi bus juga dapat dilakukan pada bus non BRT bahkan Mikrotrans. Misalnya di sini akan dilakukan pelacakan posisi bus di perhentian RS Siloam. Posisi bus non BRT 7A menuju Lebak Bulus dapat dilakukan di sini.

Atau semisal pada perhentian Jln Pinang IIIB dapat dilacak posisi Mikrotrans JAK31 menuju Andara.

Google Maps juga dapat digunakan untuk melacak posisi bus TransJakarta non koridor dan Mikrotrans | foto: tangkapan layar Google Maps

Hanya saja, pelacakan lewat Google Maps tidak dapat dilihat bus dari operator apa yang akan berhenti di halte ataupun perhentian, serta belum semua koridor dapat diketahui posisi busnya. Fitur ini juga baru tersedia di Google Maps versi Android dan iOS namun belum tersedia di versi web.

Selain itu di Google Maps juga belum bisa digunakan untuk melacak posisi bus BRT di kota lain, Commuter Line Jabodetabek, MRT Jakarta, ataupun LRT Jakarta dan Jabodebek.

Keberadaan fitur tracking TransJakarta ini cukup membantu pengguna TransJakarta. Pasalnya semenjak putusnya kontrak dengan aplikasi Trafi dan Moovit, pelacakan posisi bus menjadi sulit.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×