Berita KAInternasionalKereta Api

JR West dan JR Central Akan Pensiunkan Rangkaian “dr. Yellow”

Rangkaian dr. Yellow dengan basis Shinkansen 700 yang akan dipensiunkan | Foto: NHK

REDigest.web.id, 14/6 – JR West dan JR Central berencana akan mempurnatugaskan rangkaian kereta inspeksi Dr. Yellow berbasis Shinkansen 700. Seperti dikutip dari NHK, saat ini ada 2 set dr. Yellow yang beroperasi di mana satu dimiliki JR West dan satu dimiliki JR Central.

JR Central berencana akan mulai mempurnatugaskan rangkaian dr. Yellow pada 2025 mendatang sedangkan JR West baru akan mempurnatugaskan rangkaian ini pada 2027 mendatang. Itu artinya kedua rangkaian dr. Yellow akan purnatugas.

Rangkaian dr. Yellow dipurnatugaskan karena usia kereta yang sudah cukup tua serta tidak memungkinkan jika tetap harus dioperasikan dalam kecepatan tinggi. Fungsi dari rangkaian dr. Yellow sendiri sama seperti kereta ukur yakni untuk memonitor kondisi jalur, peron, hingga LAA dengan kondisi sama seperti ketika Shinkansen reguler beroperasi di Jalur Tokaido-Sanyo Shinkansen.

Rangkaian dr. Yellow biasanya beroperasi 10 hari sekali selama dua hari dan menempuh jarak total 1.100 kilometer ketika melakukan inspeksi. Sejumlah sensor dan kamera dipasang pada kereta untuk memonitor kondisi jalur.

Rencananya JR Central dan JR West akan memasang perangkat inspeksi jalur pada rangkaian N700 yang beroperasi secara reguler sehingga tidak diperlukan lagi kereta inspeksi khusus. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×