Berita KAIndonesiaKereta Api

Tangerang Selatan Akan Bangun LRT di Wilayahnya

LRT Jakarta
Rangkaian LRV LRT Jakarta saat berbelok memasuki jalur 2 Stasiun Velodrome | Foto: RED/Bayu Tri Sulistyo

REDigest.web.id, 19/6 – Setelah sebelumnya mewacanakan pembangunan MRT, kini Pemkot Tangerang Selatan berencana akan membangun jalur LRT di wilayahnya. Seperti dikutip dari CNBC Indonesia, hal tersebut disampaikan Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie.

Ia masih belum menjelaskan secara detail mengenai proyek ini. Meski demikian, ia menargetkan jalur LRT sudah terlihat bentuk fisiknya pada tahun 2027 mendatang.  Benyamin juga mengatakan pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan Pemprov Banten, Kemenhub, dan stakeholder lainnya untuk mewujudkan proyek ini.

Rencananya akan ada 3 rute LRT yang dibangun yang nantinya akan dibangun dalam 3 fase. Jalur LRT Tangsel Fase 1 akan menghubungkan Lebak Bulus dengan Pondok Cabe. LRT Tangsel Fase 2 menghubungkan Serpong dengan Cisauk. Dan LRT Tangsel Fase 3 menghubungkan Pamulang dengan Rawa Buntu.

Sementara untuk proyek MRT yang sebelumnya digadang-gadang, Benyamin mengatakan pihaknya juga tengah berkoordinasi dengan pihak MRT Jakarta serta para pengembang perumahan di Tangerang Selatan guna mewujudkan proyek ini. Ia menambahkan untuk pembiayaan nantinya tidak berasal dari APBD melainkan investasi pihak ketiga. Ia juga saat ini tengah meminta bantuan Pemprov Banten untuk ikut membiayai sehingga kedua proyek ini dapat diselesaikan secara bersamaan.

Sebelumnya pengamat transportasi Djoko Setijowarno mengatakan baik Pemprov Banten maupun Pemkot Tangsel tidak akan sanggup untuk membangun layanan MRT di wilayah Tangerang Selatan. Hal itu dikarenakan Pemerintah Pusat mengharuskan daerah menanggung 51 persen biaya proyek jika ingin mendapat bantuan pusat. Sementara baik APBD Banten ataupun APBD Tangsel tidak mencukupi syarat tersebut. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×