BusBus Rapid Transit/Perkotaan

Ini Rasanya Naik TJ B41 Vida Bekasi – Cawang Sentral!

Bus B41 di Vida Bekasi | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Bus B41 di Vida Bekasi | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

REDigest.web.id, 18/5 – Pada Kamis, 15/5, Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung meresmikan rute baru TransJakarta B41 yang melayani Bus Stop TransJakarta Vida Bekasi-Halte TransJakarta Cawang Sentral. Pembukaan rute ini merupakan bagian dari perluasan sistem layanan bus TransJakarta menjadi TransJabodetabek. Ekspansi tersebut dilakukan untuk mendorong perubahan moda transportasi yang digunakan oleh para penglaju di sekitar wilayah DKI Jakarta dari kendaraan pribadi menjadi transportasi umum. TransJabodetabek yang dimaksud ialah TransJakarta yang mencapai daerah penyangga ibukota atau bisa juga disebut dengan TransJabodetabek reguler. Hal itu berbeda dengan TransJabodetabek premium yang sebenarnya merupakan kelanjutan dari layanan bus APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway).

Apa Kabar Lanjut Uji Coba Bus TJ Rute Kota Wisata-Cawang?

Sayangnya, TransJakarta gagal mengoperasikan calon rute baru bus TransJakarta TransJabodetabek rute Kota Wisata-Cawang karena pihak Pengelola Perumahan Kota Wisata menolaknya. Menurut pihak pengelola, rencana pembukaan rute terbaru tersebut perlu kajian yang menyeruluruh oleh pemangku kepentingan dan pihak pengelola. Oleh karenanya, terminus bus diubah menjadi Vida Bekasi alih-alih Kota Wisata Kabupaten Bogor.

Lokasi Penaikan Penumpang Bus di Vida Bekasi

Sehari setelah peresmian atau Jumat (16/5), penulis berangkat dari rumah penulis pukul 06.00 WIB menggunakan sepeda motor dan sampai di Perumahan Vida Bekasi pada pukul 06.10 WIB Sesampainya di Vida, penulis memarkirkan kendaraan pada tempat parkir yang telah tersedia lalu kemudian berjalan mengarah ke bus yang terparkir di tepi jalan. Bagi pembaca yang belum mengetahui, Perumahan Vida Bekasi berada di Jalan Raya Narogong. Untuk mengakses tempat penaikan Bus TransJakarta B41, pembaca dapat memasuki gerbang perumahan, lurus terus mengikuti jalan di samping danau, kemudian berbelok ke kanan untuk memutar balik.

Salah satu bus TransJakarta yang terparkir di sisi kiri jalan dengan nomor lambung TJ-389 | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Salah satu bus TransJakarta yang terparkir di sisi kiri jalan dengan nomor lambung TJ-389 | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

Selanjutnya akan terdapat barisan bus TransJakarta pada sisi jalan sebelah kiri. Sementara itu, tepat di seberang penaikan penumpang TransJakarta, tersedia wilayah parkir umum untuk sepeda motor dan mobil. Penulis belum melihat adanya parkir untuk sepeda namun penulis akan mencoba untuk membawa sepeda pada kesempatan selanjutnya untuk mencoba apakah sepeda dapat diparkir di sana. Besar harapan penulis agar Perumahan Vida Bekasi berkenan untuk memberikan tempat parkir khusus bagi sepeda sehingga pesepeda juga dapat mengayuh sepedanya menuju Vida Bekasi untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Bus TransJakarta.

Sekilas Tampilan Luar dan Dalam Armada Bus B41

Tiga baris Bus TransJakarta NBRT 41 menunggu giliran mengangkut penumpang | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Tiga baris Bus TransJakarta NBRT 41 menunggu giliran mengangkut penumpang | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

Kemudian penulis kembali berjalan menuju ke arah barisan bus TransJakarta. Terlihat bus pada barisan depan bernomor lambung TJ-395 yang merupakan armada Vintage Series milik PT TransJakarta. Bus ini didandani sedemikian rupa pada bagian skema warna atau livery eksterior dan tampilan interior untuk menyerupai gaya dari bus PPD era klasik. Bagi yang belum tahu PPD merupakan singkatan dari Perusahaan Pengangkutan Djakarta, sebuah BUMN yang telah di-merger dengan DAMRI (Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia) kemudian diserap ke dalamnya.

Sisi depan B41 bertemakan Vintage Series | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Sisi depan B41 bertemakan Vintage Series | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

Di bagian belakang bus terdapat tulisan yang mengingatkan bus PPD tempo dulu dengan bacaan “Sesama Bis Kota Dilarang Saling Mendahului” dan pada sisi depannya terdapat LED bertuliskan “B41| Vida Bekasi-Cawang Sental”. Berbeda dengan uji coba Bus TransJakarta rute Kota Wisata-Cawang yang menggunakan armada berlantai rendah atau lowdeck, bus TransJakarta Vida Bekasi-Cawang Sentral justru memakai sarana berlantai tinggi atau high deck meskipun layanannya berstatus Non-BRT/ NBRT alias luar koridor.

Bus TransJakarta B41 rute Vida Bekasi-Cawang Sentral arah Cawang ini memiliki 6 titik pemberhentian di antaranya Vida, Simpang Cipendawa, Komsen, Jatibening 1, Pool Taksi Cawang, dan Cawang Sentral. Bus ini bertarif Rp3.500,- untuk sekali jalan secara flat alias bebas naik-turun bus sesuai bus stop namun tarifnya tetap sama.

Nomor Pemberhentian Bus TJ B41 arah Cawang Sentral
1 Bus Stop TJ Seberang Marketing Office Vida Bekasi
2 Bus Stop TJ Simpang Cipendawa
3 Bus TJ Stop Komsen
4 Bus Stop TJ Jatibening 1
5 Bus Stop TJ Pool Taksi Cawang
6 Halte TJ Cawang Sentral
Interior bus bertemakan Vintage | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Interior bus bertemakan Vintage | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

Tidak berlama-lama, penulis langsung menaiki bus tersebutpada pukul 06.14 WIB. Hawa klasik langsung terasa ketika memasuki bus ini berkat suguhan lantai bermotif kayu, kursi memanjang dengan rangka besi berwarna krom besi lalu lapisan busa kursi yang sangat empuk, serta tulisan ‘Jauh-Dekat Rp.3500,-‘. Pada LED dalam bus kembali penulis menemukan tulisan ‘B41| Vida Bekasi-Cawang Sentral’. Kursi bus sudah diisi oleh beberapa penumpang yang artinya berita operasional bus ini sudah tersebar kepada kalangan masyarakat luas. Hal yang unik ialah penulis melihat salah satu penumpang bus datang dengan membawa skuter lipat ke dalam bus.

Penumpang membawa skuter lipatnya ke dalam bus | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Penumpang membawa skuter lipatnya ke dalam bus | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

Berangkat dari Vida

Bus berangkat dari Bus Stop TransJakarta Seberang Marketing Office Vida Bekasi pada 06.17 WIB. Sampai ketika bus berangkat, penulis belum melihat Bus Trans Patriot tiba di bus stop yang sama. Sekadar informasi, Bus Trans Patriot berbagi jalur yang sama dengan Bus TransJakarta hingga Cipendawa. Bedanya, Bus Trans Patriot memiliki bus stop yang lebih banyak dibandingkan Bus TransJakarta jalur tersebut.

Jumlah keterisian bus atau okupansi setelah berangkat dari Vida | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Jumlah keterisian bus atau okupansi setelah berangkat dari Vida | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

Tiba di Cipendawa

B41 tiba di Cipendawa | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
B41 tiba di Cipendawa | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

Setelah berjalan sepanjang Jalan Raya Narogong, bus B41 berbelok ke arah kiri menuju Jalan Cipendawa Baru dan tiba di pemberhentian pertama yakni Bus Stop TJ Simpang Cipendawa 1 pada 06.24 WIB atau tujuh menit setelah berangkat dari Bus Stop TJ Vida. TransJakarta kembali melanjutkan perjalanan melintasi jembatan yang di bawahnya terdapat aliran sungai setelah pertemuan dua sungai yakni Sungai Cikeas dan Sungai Cileungsi. Kemudian bertemu pertigaan dan terus melaju di jalan Swatantra V.

B41 setelah melewati Jembatan Cipendawa dan terkena macet di pertigaan | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
B41 setelah melewati Jembatan Cipendawa dan terkena macet di pertigaan | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

Menuju Bus Stop TJ Komsen

B41 melewati Pertigaan Pasar Rebo | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
B41 melewati Pertigaan Pasar Rebo | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

Di pertigaan Pasar Rebo, bus mengambil arah ke kiri di Jalan Raya Jatiasih melewati perempatan Komsen dan kemudian tiba di Bus Stop TJ Komsen pada 06.47 WIB. Artinya, bus menempuh waktu selama 23 menit hanya untuk berangkat dari Bus Stop TJ Simpang Cipendawa 1 menuju Bus Stop TJ Komsen. Mengapa bisa selama itu? Hal ini sebenarnya tidak aneh karena jalan itu telah penulis lalui sejak tahun 2005 dan sejak sedari belum ada perluasan jalan pun, Jalan Raya Swatantra V sudah terkenal dengan kemacetan parahnya. Itupun beruntung karena kondisi Jalan Raya Jatiasih saat itu sedang ramai lancar dan jikalau tidak beruntung maka situasinya akan menjadi lebih buruk.

B41 melewati perempatan Komsen | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
B41 melewati perempatan Komsen | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Bus berhenti di Bus Stop TransJakarta Komsen | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Bus berhenti di Bus Stop TransJakarta Komsen | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

Masuk Tol menuju Cawang Sentral

B41 di Bus Stop TransJakarta Jatibening 1 | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
B41 di Bus Stop TransJakarta Jatibening 1 | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

B41 meninggalkan Bus Stop TJ Komsen pada 06.49 WIB atau berhenti selama 2 menit lalu melewati kolong Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, berbelok ke kiri dan memasuki jalan bebas hambatan. Bus menempuh perjalanan selama 16 menit sebelum akhirnya tiba di Bus Stop TJ Jatibening 1. Tidak ada penumpang yang ingin naik maupun turun pada bus stop itu sehingga bus hanya berhenti kurang lebih selama satu menit saja.

B41 di Bus Stop TransJakarta Cawang | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
B41 di Bus Stop TransJakarta Cawang | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

Bus tiba di pemberhentian Bus Stop TJ Pool Taksi Cawang pada 07.18 WIB namun lagi-lagi tidak ada penumpang yang naik bus dari bus stop tersebut. Pada akhirnya Bus TransJakarta B41 tiba di Halte TransJakarta Cawang Sentral pada pukul 07.24 WIB. Dengan demikian, perjalanan dari Bus Stop TransJakarta Vida Bekasi hingga ke Halte TransJakarta Cawang Sentral ditempuh selama 06.17 WIB hingga 07.24 WIB atau satu jam tujuh menit.

B41 tiba di tujuan akhir Halte TransJakarta Cawang Sentral | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
B41 tiba di tujuan akhir Halte TransJakarta Cawang Sentral | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

Integrasi dengan Bus TransJakarta Rute Lainnya

Oleh karena Halte TransJakarta Cawang Sentral berstatus Sentral, setiba di halte ini, pembaca dapat berpindah ke koridor/ non-koridor TransJakarta lainnya di antaranya seperti:

Nomor Status Kode Rute
1 BRT 5C Halte TJ Cililitan – Halte TJ Juanda
2 BRT 7 Halte TJ Kampung Rambutan – Halte TJ Kampung Melayu
3 BRT 9 Halte TJ Pinang Ranti –  Halte TJ Pluit
4 BRT 9C Halte TJ Pinang Ranti – Halte TJ Bundaran Senayan
5 BRT 9N Halte TJ Pinang Ranti –  Halte TJ Simpang Cawang
6 BRT 10 Halte TJ Tanjung Priok – Halte TJ PGC

Nomor Status Kode Rute
1 Non-BRT 7C Bus Stop TJ Cibubur – Halte TJ Cawang Sentral
2 Non-BRT 7D Bus Stop TJ TMII – Halte TJ Pancoran
3 Non-BRT 7P Bus Stop TJ Pondok Kelapa – Halte TJ Cawang Sentral
4 Non-BRT B41 Bus Stop TJ Vida Bekasi – Halte TJ Cawang Sentral

Arah Sebaliknya menuju Vida Bekasi

Bus TransJakarta B41 rute Vida Bekasi-Cawang Sentral arah Vida Bekasi ini memiliki 5 titik pemberhentian di antaranya Cawang Sentral, Jatibening 2, Komsen, Simpang Cipendawa 2, dan Vida Bekasi. Bus ini bertarif Rp3.500,- untuk sekali jalan secara flat alias bebas naik-turun bus sesuai bus stop namun tarifnya tetap sama.

Nomor Pemberhentian Bus TJ B41 arah Vida Bekasi
1 Halte TJ Cawang Sentral
2 Bus Stop TJ Jatibening 2
3 Bus Stop TJ Komsen
4 Bus Stop TJ Simpang Cipendawa 2
5 Bus Stop TJ Marketing Office Vida Bekasi

 

Signage yang menunjukkan 'B41| Vida Bekasi' pada pintu N Halte TransJakarta Cawang Sentral | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Signage yang menunjukkan ‘B41| Vida Bekasi’ pada pintu N Halte TransJakarta Cawang Sentral | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
PIDS yang menunjukkan B41| Vida Bekasi pada Halte TransJakarta Cawang Sentral | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
PIDS yang menunjukkan ‘B41| Vida Bekasi’ pada Halte TransJakarta Cawang Sentral | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

Penulis kembali tiba di Halte TransJakarta Cawang Sentral pada sore hari tepatnya pukul 17.13 WIB. Area penaikan penumpang Non-BRT B41 terdapat pada pintu N. Informasi ini tersedia pada papan signage ataupun PIDS yang terpasang pada tembok halte.

Bus tiba pada halte pukul 17.23 atau 10 menit sejak penulis menunggu. Hal ini terjadi karena adanya antrean panjang bus yang akan memasuki halte. Ketika pintu bus terbuka, semua penumpang berebut tempat duduk dan alhasil semuanya telah diduduki penumpang.

Akhirnya, bus pun tiba! | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Akhirnya, bus pun tiba! | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

Banyak Penumpang Turun di Komsen

Penumpang menunggu giliran turun ketika B41 akan tiba di Bus Stop Jatibening 2 | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Penumpang menunggu giliran turun ketika B41 akan tiba di Bus Stop Jatibening 2 | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

Bus berangkat dari Halte TransJakarta Cawang Sentral pada pukul 17.25 atau setelah 2 menit menunggu penumpang di halte. Selepas halte, bus tertahan sangat lama hanya untuk memutar balik menuju tol. Banyak waktu terbuang sia-sia di sana. Kemudian bus tiba di Bus Stop TJ Jatibening 2 pada 17.52 alias 37 menit sejak pemberangkatan awal. 20 menit setelahnya, B41 mencapai Bus Stop TJ Komsen. Ada banyak penumpang yang turun pada bus stop ini sehingga bus berhenti selama 16 menit.

B41 dan antrean penumpang ketika bus akan mencapai Bus Stop TransJakarta Komsen | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
B41 dan antrean penumpang ketika bus akan mencapai Bus Stop TransJakarta Komsen | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Banyak penumpang mengakhiri perjalanan bersama B41 di Bus Stop TransJakarta Komsen | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Banyak penumpang mengakhiri perjalanan bersama B41 di Bus Stop TransJakarta Komsen | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

Lebih Cepat 8 Menit Dikala Tidak Macet

Bus kembali melaju pada 18.12 WIB dan tiba di Bus Stop TJ Simpang Cipendawa 2 pada 18.28 WIB sehingga memerlukan waktu 16 menit atau lebih cepat 8 menit dibandingkan arah sebaliknya di pagi hari. Hanya ada empat penumpang yang turun di bus stop ini. B41 berjalan lagi menuju pemberhentian terakhir dan sampai pada pukul 18.40 yang berarti memakan waktu 12 menit, lebih lama 5 menit dibandingkan pemberangkatan sebaliknya di pagi hari.

Dua orang penumpang menunggu bus berhenti di Bus Stop Cipendawa | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Dua orang penumpang menunggu bus berhenti di Bus Stop Cipendawa | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

Akhirnya Bus Tiba di Vida!

Penulis ikut dalam barisan ketika bus akan tiba di tujuan akhir B41 'Bus Stop TransJakarta Marketing Office Vida' | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Penulis ikut dalam barisan ketika bus akan tiba di tujuan akhir B41 ‘Bus Stop TransJakarta Marketing Office Vida’ | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

Berakhir sudah perjalanan ini dari Halte TransJakarta Cawang Sentral menuju Bus Stop TJ Marketing Office Vida yang menempuh waktu 17.27 WIB hingga 18.40 WIB atau selama satu jam 13 menit.

Tidak adanya peneduh hujan pada Bus Stop Marketing Office Vida menyebabkan penulis dan penumpang lain terkena basah hujan deras pasca turun dari bus | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Tidak adanya peneduh hujan pada Bus Stop Marketing Office Vida menyebabkan penulis dan penumpang lain terkena basah hujan deras pasca turun dari bus | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Bagaimana dengan penumpang bus B41 lainnya di belakang bus yang penulis naiki? Ya terkena basah hujan deras pula | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Bagaimana dengan penumpang bus B41 lainnya di belakang bus yang penulis naiki? Ya terkena basah hujan deras pula | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Bagaimana dengan penumpang di titik penaikan atau Bus Stop Seberang Marketing Vida Bekasi? Tetap akan terkena basah hujan karena tiadanya kanopi | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama
Bagaimana dengan penumpang di titik penaikan atau Bus Stop Seberang Marketing Vida Bekasi? Tetap akan terkena basah hujan karena tiadanya kanopi | Foto: RED/ Adrian Falah Diratama

Penulis sempat mengabadikan momen bus yang penulis naiki dikala hujan deras karena tidak adanya peneduh hujan pada bus stop tersebut. Mungkin hal ini bisa menjadi pertimbangan pihak TransJakarta sekaligus Pengelola Perumahan Vida Bekasi untuk mempertimbangkan pemasangan kanopi agar penumpang yang turun bus tidak langsung terkena hujan, (RED/ AFD)

Artikel ini tayang atas kerjasama antara GM-MarKA/ REdigest dengan Koalisi Pejalan Kaki/ Kopeka Bekasi.

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “Ini Rasanya Naik TJ B41 Vida Bekasi – Cawang Sentral!

  • Wah, artikelnya sangat informatif! Saya jadi lebih tahu bagaimana pengalaman naik TJ B41 VIDA dari Bekasi ke Cawang. Foto-fotonya juga keren dan mendukung banget ceritanya. Terima kasih sudah berbagi pengalaman lengkap seperti ini, sangat membantu buat yang belum pernah coba rutenya_!

    Balas

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses