Berita KAIndonesiaKereta Api

[Mudik 2016] Kloter Pertama Angkutan Motor Gratis Telah Diberangkatkan

EVP Daop 1 Jakarta John Roberto saat memberikan semboyan 40 pada KLB angkutan motor gratis 2016
source: Kereta Api Kita

[29/6/16]. Kloter pertama angkutan sepeda motor gratis arus mudik 2016 dengan kereta api telah diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Gudang pada Selasa (28/6) kemarin. Pemberangkatan KLB ini ditandai dengan pemberian semboyan 40 yang dilakukan oleh EVP Daop 1 Jakarta John Roberto.
Ada sekitar 143 sepeda motor yang diangkut menggunakan 7 kereta bagasi yang diberangkatkan pada kloter pertama ini. Kolter pertama ini merupakan pemberangkatan untuk Lintas Selatan Jawa 1 yang bertujuan ke Kutoarjo. Untuk kloter selanjutnya juga akan diberangkatkan angkutan motor untuk Lintas Pantura dengan tujuan Surabaya Pasarturi dan Lintas Selatan Jawa 2 dengan tujuan Kediri.
Angkutan motor gratis menggunakan kereta api ini merupakan hasil kerjasama antara PT KAI dengan Kementerian Perhubungan. Program ini diadakan dengan tujuan untuk mengurangi korban jiwa terutama dari pengendara sepeda motor yang acapkali terjadi pada musim mudik lebaran. PT KAI menargetkan angkutan motor tahun ini bisa mencapai 15.834 unit sepeda motor.
Target ini jauh lebih besar ketimbang tahun lalu yang mencapai 9.900 unit sepeda motor. Untuk itu, PT KAI mengerahkan sekitar 35 kereta bagasi untuk mengangkut sepeda motor. 35 kereta bagasi itu dengan perincian 14 untuk Lintas Pantura, 14 untuk Lintas Selatan Jawa 1, dan 7 untuk Lintas Selatan Jawa 2.

Pendaftaran peserta sendiri sudah dilakukan sejak 8 Maret 2016 lalu. Kereta angkutan sepeda motor ini akan beroperasi dari 28 Juni 2016 sampai 3 Juli 2016 pada masa arus mudik dan 10 Juli 2016 sampai 16 Juli 2016 pada masa arus balik lebaran.

baca juga: Daripada Mudik Naik Motor Mending Motornya dinaikin ke Kereta 




RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×