Berita KAIndonesiaKereta Api

Lokomotif CC206 Batch Kedua Pengiriman Terakhir Sudah Sampai di Indonesia!

Lokomotif CC206 dikeluarkan dari kapal ro-ro MV Alliance Norfolk
[15/7] – Lokomotif CC206 batch 2 kloter terakhir sebanyak 11 unit telah tiba di Indonesia, setelah kurang lebih berlayar selama 2 bulan dari Port of Norfolk, Virginia, menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Ke-11 lokomotif ini diturunkan melalui dermaga khusus kendaraan IPC Car Terminal.
Kapal MV Alliance Norfolk, dengan keterangan registered port di Port of Norfolk, Virginia
Pengiriman CC206 terakhir ini terbilang spesial dikarenakan beberapa hal. Pertama, kapal yang membawanya bukanlah kapal kargo biasa. Kapal yang membawa 11 unit CC206, MV Alliance Norfolk, adalah kapal ro-ro buatan tahun 2007 berjenis vehicle carrier yang digunakan untuk membawa kendaraan dalam jumlah banyak. Kapal yang juga pernah mengalami kebakaran di Yunani ini baru kali pertama bersandar di wilayah Indonesia. Sekarang, kapal ini sudah berlayar lagi menuju Shanghai, Tiongkok, setelah kegiatan bongkar muat di IPC selesai.
Truk yang digunakan untuk mengeluarkan lokomotif CC206 dari lambung kapal
Selain itu, truk dan trailer yang dipakai juga mungkin untuk sebagian orang masih terasa asing. Truk yang dipakai memiliki posisi kemudi yang justru menghadap ke arah trailer, bukan truk merk MAN, Volvo, atau Scania seperti biasanya. Sedangkan trailer yang dipakai adalah trailer heavy duty lowbed, bukan trailer kaki seribu seperti pada penurunan atau pengapalan kereta yang sudah-sudah.
Trailer lowbed milik SEACOM
Rencananya, 11 unit CC206 tersebut akan dikirim menuju Balai Yasa Yogyakarta (Pengok) untuk menjalani pemasangan bogie yang dibuat oleh pabrikan Barata Indonesia dan setelah itu akan melalui uji statis dan uji dinamis. 11 unit CC206 tersebut direncanakan akan dialokasikan ke wilayah Divisi Regional IV (Divre IV) Tanjungkarang.
RE Digest | Ahmad Afif Mahdi
Foto oleh Aldi Yatin dan IPC Car Terminal


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

7 komentar pada “Lokomotif CC206 Batch Kedua Pengiriman Terakhir Sudah Sampai di Indonesia!

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×