IndonesiaKereta ApiRED Citizen Journalism

Stasiun Kalasan, Stasiun yang Terlupakan

Papan nama Stasiun Kalasan
Kalasan adalah stasiun yang berada di Jalan Jogja-Solo, kilometer 15, Tirtomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Stasiun ini dinon-aktifkan sejak 2007 dikarenakan kurang efisien dan posisinya yang berdekatan dengan Stasiun Maguwo dan stasiun Prambanan, dan juga diakibatkan aktifnya jalur ganda Kutoarjo-Solo. Kondisi Stasiun ini sejak awal di non-aktifkan masih bersih dan rapih bahkan terkesan seperti stasiun yang masih beroperasi.

Bangunan stasiun | Sumber: Pak_WAW

Tapi sayang sejak awal tahun 2016 yang lalu stasiun ini mulai tidak terawat setelah tidak adalagi petugas maupun warga yang menjaganya. Sampai saat ini Stasiun Kalasan masih berdiri tetapi dengan kondisi yang memprihatikan, bahkan terkesan kumuh. Beberapa orang masih sering mengunjungi Stasiun Kalasan untuk sekedar berfoto.

Keseharian di Stasiun Kalasan

Banyak info dari masyarakat dan bukti aktual dari bekas galian bahwa dulu stasiun ini memiliki 6 jalur dengan formasi 2 jalur lurus 3 jalur berhenti dan 1 jalur gudang dengan ditandai spoor badug tepat disebelah PPKA.

Denah lama Stasiun Kalasan

Seperti yang terlihat stasiun ini pernah terbakar pada ruang PPKA, tepatnya tahun 2008. Saat itu penjaga stasiun ini. Mbah Bejo (Alm) tidak sengaja menumpahkan minyak tanah ke tumpukan kertas dokumen jaman PJKA, sehingga menghanguskan semua dokumen dan GAPEKA yang terpasang didalamnya. Bahkan anda masih bisa menemukan satu seragam komplit didalam ruang KS (Kepala Stasiun) masih utuh dengan topi. Sayangnya pintu ruang KS, loket, dan gudang sudah tidak ada dan terkunci semua semenjak kepergian Mbah Bejo. Saat ini hanya kenangan masyarakatlah yang hidup tentang stasiun kecil nan berjuta cerita ini.

RED Citizen | MTS

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “Stasiun Kalasan, Stasiun yang Terlupakan

  • Fazlul

    Selamat sore admin, boleh saya ambil gambar dan cerita ttg stasiun sedikit?.
    karena mau mengulas stasiun ini di google sbg local guide….

    Balas

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×