Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta ApiUjicoba

Masih Kejar Tayang, Giliran KRL Seri 6000 Rangkaian 6132F Yang Diujicobakan Setelah Adaptasi Lingkungan

Rangkaian 6132F saat keluar dari Dipo Depok
(18/5) – Masih dalam rangka mengejar tayang rangkaian-rangkaian SF10 agar dapat segera dioperasikan untuk menggantikan rangkaian-rangkaian SF8 demi menambah kapasitas angkut KRL, di hari yang cukup cerah ini rangkaian dengan shipping mark 11-20 yang menjadi rangkaian kedua dari program pengadaan KRL bukan baru oleh PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) di tahun fiskal 2017, yaitu 6132F diujicobakan untuk pertama kalinya di lintas selatan Jabodetabek.
Dibandingkan dengan kakaknya yang diujicobakan dua hari yang lalu, rangkaian ini keluar dengan kondisi “komedi” yang sedikit lebih baik, meskipun tetap saja “komedi”. Pemasangan stiker untuk pemberian livery rangkaian sudah 95% rampung, namun cowcather belum dicat dan bodi kereta belum seluruhnya dipoles, terlihat dari beberapa kereta yang masih belang antara bersih dan kotor.
Tampak dari arah kereta 6132, dengan latar belakang KLB KfW tunggu bersilang untuk masuk dipo
Berbeda juga dengan 6119F, rangkaian ini diujicobakan sepanjang siang hingga sore hari dengan rute standar ujicoba, Depok-Manggarai-Bogor-Depok. Diberangkatkan dari Depok pukul 13:30 WIB, rangkaian ini sempat membuat satu rangkaian KRL KfW yang akan pulang ke Dipo Depok menunggu bersilang dengan rangkaian ini di jalur 4 Stasiun Depok.
Bagian samping yang masih “belang bentong”
Setelah ujicoba ini, proses adaptasi lingkungan pada 6132F akan diselesaikan sebelum diuji kembali bersama dengan Dirjenka Kemenhub untuk disertifikasi sebelum akhirnya bisa berstatus siap operasi dan melayani penumpang lintas Bogor dengan menyisihkan salah satu rangkaian SF8 yang sebelumnya beredar.
Masih terdapat empat rangkaian lagi yang akan tiba di Jakarta pada tahun ini. Dua rangkaian, 6121F dan 6124F, masih berada di suatu tempat di lautan luas dalam perjalanannya menuju Tanjung Priok, sedangkan dua rangkaian lainnya masih belum diketahui nomornya. Namun, kabar yang beredar besok salah satu dari rangkaian terakhir akan menjalani last run di Jepang dan dikirimkan ke Dipo Shin-Kiba.

RED | MPSCLFJRN


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×