Berita KAInternasionalKereta Api

GE Transportation Perkenalkan Lokomotif Seri Evolution Pertama Milik Indian Railways

No. 49002 milik Indian Railways dipajang di pabrik GE di Erie, Pennsylvania, Amerika | foto: David Lustig/Railway Gazette International
(2/6)Lokomotif pertama dari 1000 lokomotif pesanan perusahaan kereta api negara India (Indian Railways) yang akan dipasok oleh General Electric diperkenalkan kepada publik di pabrik General Electric di Erie, Pennsylvania, Amerika Serikat pada tanggal 1 Juni 2017 waktu setempat. Lokomotif ini juga merupakan lokomotif Evolution Series pertama yang akan beroperasi di India.
Lokomotif dengan nomor 49002 ini merupakan bagian dari perjanjian usaha patungan senilai 2,6 miliar dolar AS yang ditandatangani oleh Kementerian Perkeretaapian India dan General Electric pada bulan November 2015. Ini merupakan kontrak terbesar yang pernah dimenangkan oleh General Electric dalam pengadaan lokomotif di India. Nantinya, akan ada 700 lokomotif bertenaga 4500 tk dan 300 lokomotif bertenaga 6000 tk yang seluruhnya akan menggunakan mesin GEVO dengan standar emisi Tier 1 Amerika.
Seluruh lokomotif ini akan menggunakan lebar sepur India, yaitu 1676 mm, dengan konfigurasi kabin ganda. 100 lokomotif pertama rencananya akan diekspor dari Amerika Serikat dalam bentuk utuh atau potongan-potongan kit yang kemudian dirakit di India. Sedangkan 900 unit lain rencananya akan dibuat di India di pabrik baru milik General Electric yang saat ini sedang dibangun di Marhowra, Bihar untuk memenuhi regulasi pemerintah. Pabrik ini akan memiliki kapasitas pembuatan sebanyak dua lokomotif per minggu. Selain pembuatan pabrik, General Electric juga akan membangun fasilitas perawatan untuk lokomotif-lokomotif ini di Bathinda, Punjab dan Gandhidam, Gujarat. Nantinya, lokomotif ini akan menggunakan pola pewarnaan yang akan melambangkan energi dan kesegaran.
Sepertinya bentuk lokomotif ini mengingatkan kita akan serumpun lokomotif lainnya ya?
RED | MPSCLFJRN

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×