Akhirnya, KRL Cikarang Beroperasi 8 Oktober Mendatang

Rangkaian BUD129+102 melintasi persawahan di bilangan Cikarang sebagai KLB Ujicoba Elektrifikasi Cikarang
[5/10] – Setelah mengalami penundaan dikarenakan kondisi prasarana yang dinilai belum siap, penantian panjang railfans terutama di Jabodetabek dan masyarakat di lintas Bekasi Timur – Cikarang yang sempat bertambah panjang akhirnya akan segera berakhir. Pasalnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memastikan operasional KRL Commuter Line lintas Bekasi Timur – Cikarang akan dimulai pada tanggal 8 Oktober mendatang.
Berdasarkan yang dilansir dari Merdeka dan Liputan 6, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Zulmafendi menerangkan kondisi prasarana berupa gate dan signage berupa papan petunjuk di semua stasiun lintas Bekasi Timur – Cikarang telah dilengkapi dan sudah siap digunakan, sehingga pengoperasian KRL di lintas ini (Jakarta Kota – Bekasi – Cikarang) sudah dapat dilaksanakan mulai tanggal 8 besok.
Pengoperasian ini akan diawali terlebih dahulu oleh acara peresmian lintas KRL Bekasi – Cikarang oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang akan dilakukan pada tanggal 7 Oktober, sebelum kemudian dibuka untuk umum pada tanggal 8 Oktober. 
Seperti yang disebutkan sebelumnya, pengoperasian KRL lintas Bekasi – Cikarang sempat mengalami penundaan dari rencana awal pengoperasian pada tanggal 17 September lalu. Penundaan ini dilakukan setelah didapat hasil ujicoba Ditjen Perkeretaapian Kemenhub pada tanggal 14 September lalu masih ada fasilitas pada prasarana yang belum siap, yaitu di antaranya pengumuman suara, CCTV, safety line, papan informasi, pengaturan alur keluar-masuk penumpang, modernisasi stasiun yang belum selesai, dan lingkungan stasiun yang belum steril.
Semoga saja pengoperasian KRL Cikarang dapat diawali dan dilaksanakan dengan baik dan lancar, demi mobilitas masyarakat antara Bekasi Timur – Cikarang yang lebih mudah kedepannya. 
Sumber
RED | Ikko Haidar Farozy

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×