Berita KAIndonesiaKereta ApiUjicoba

Rampung Perawatan Akhir, Lokomotif CC2051106 Diujicobakan

Lokomotif CC2051106 standby di Stasiun Lahat | foto: Ardiyan Reval
(5/2) – Menjalani program perawatan akhir sejak bulan Desember 2017 di Balai Yasa Lahat, lokomotif CC2051106 akhirnya diujicobakan pada Senin (5/2) petang tadi. Lokomotif ini menjadi CC205 angkatan 2011 kelima yang menjalani perawatan akhir di Balai Yasa Lahat, di mana program perawatan akhir untuk lokomotif CC205 angkatan 2011 dimulai sejak akhir 2017 yang lalu.
Sisi ujung panjang lokomotif CC2051106. Brvtal! | foto: Ardiyan Reval
Lokomotif ini diujicobakan pada lintas Lahat-Sukacinta pulang pergi sejauh 22 kilometer (di mana jarak Lahat-Sukacinta 11 kilometer), dengan dijadwalkan berangkat dari Lahat pukul 14:15 WIB menuju Sukacinta, namun molor hingga pukul 16:10 WIB. Berbeda dengan ujicoba lokomotif di Balai Yasa Yogyakarta yang biasanya akan dikeluarkan untuk ujicoba lintas pada saat belum benar-benar rampung lalu kemudian ditraksigandakan dengan KA reguler di lintas Lempuyangan-Purwosari pulang pergi sejauh sekitar 120 km (di mana jarak Lempuyangan-Purwosari sekitar 60 kilometer), ujicoba lintas untuk lokomotif di Balai Yasa Lahat dilakukan pada saat lokomotif benar-benar sudah rampung perawatan akhir, di mana lokomotif diujicobakan sebagai unit tunggal dan tidak digandengkan dengan kereta reguler.
Hampir tidak ada yang berubah dengan penampilan lokomotif ini. Sepintas, lokomotif ini masih sama seperti ketika baru berdinas di Bumi Andalas 7 tahun yang lalu. Hanya saja, lokomotif ini kini tidak lagi mengenakan tralis pada sisi-sisi kabin masinis, seperti kebanyakan lokomotif di wilayah Sumbagsel sebelum polikarbonisasi jendela lokomotif dimulai. Perubahan minor lain yaitu warna terompet pada hidung lokomotif yang diganti dari warna biru menjadi warna merah. Selain itu, kode dipo lokomotif juga masih belum ditulis pada bawah plat nomor samping lokomotif.
Lokomotif CC2051106 yang belum mengenakan plat nomor Kemenhub menjadi lead engine menghela kereta api angkutan bubur kertas milik PT Tanjung Enim Lestari tujuan Niru sebagai KA 2728 melintasi Stasiun Rejosari, 2012
Setelah diujicobakan, apabila tidak ada kendala lain maka lokomotif ini kemudian akan dikirimkan ke Stasiun Tanjung Enim Baru sebagai KLB dan kemudian akan menjadi lokomotif siap operasi di Dipo Tanjung Enim Baru. Sebelumnya, Balai Yasa Lahat telah menangani perawatan akhir empat unit lokomotif CC205 angkatan 2011, yaitu CC2051102 sampai CC2051105. Saat ini, masih ada CC2051101 yang masih dalam proses perawatan akhir di dalam Balai Yasa Lahat.
RED | MPSCLFJRN | AAM Sepur Mabur


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

2 komentar pada “Rampung Perawatan Akhir, Lokomotif CC2051106 Diujicobakan

  • Min kotak di kiri & kanan headlamp CC205 sisi LH itu utk apa ya? Mirip plat nomornya BB200…

    Balas

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×