Rangkaian Kereta Eksekutif 2018 Diujicoba

Rangkaian kereta eksekutif 2018 saat melintas di daerah Kalimenur | picture by: Gandung Gunawan

[9/2]. Setelah berhasil memancing rasa penasaran para pecinta kereta selama Januari kemarin, akhirnya rangkaian kereta eksekutif 2018 keluar juga dari sarangnya. Rangkaian diujicoba selama hari Jumat hingga Sabtu. Uji coba yang dilakukan jauh lebih panjang ketimbang kereta ekonomi 2018.
Rangkaian diujicoba dengan rute Madiun – Yogyakarta – Kroya – Banjar – Bandung – Cikampek – Cirebon – Semarang – Solo – Madiun. Seperti pada percobaan kereta ekonomi 2018 kemarin, rangkaian berangkat dari Madiun sekitar pukul setengah 7 pagi. Rangkaian tiba di Solo sekitar pukul setengah 10 pagi. Diperkirakan rangkaian tiba di Bandung pada pukul setengah 7 sore, tiba di Cikampek pada pukul 10 malam, tiba di Semarang pada Sabtu dini hari, dan tiba di Madiun pada Sabtu pagi.

Uji coba ini membawa 10 kereta yang terdiri atas 10 K1, 1 kereta makan, dan 1 pembangkit dengan dihela oleh lokomotif CC 206 13 98. Terlihat sejumlah perbedaan pada eksterior kereta eksekutif 2018 ini. Livery yang digunakan berbeda dengan kereta ekonomi 2016. Livery yang digunakan adalah livery ombak berwarna abu-abu-oranye. Namun untuk kereta pembangkit dan kereta makannya menggunakan livery yang sama seperti kereta ekonomi 2018.

Rangkaian kereta eksekutif 2018 saat dilangsir di pabrik INKA | picture by: Josa Herlana Saputra

Livery ini merupakan pemenang dari sayembara livery kereta yang dilakukan oleh KAI beberapa tahun lalu. Meskipun kereta ini memiliki kelas eksekutif, namun pintu kereta tidak dicat biru seperti kereta eksekutif kebanyakan. Pintu dibiarkan berwarna silver. Selain itu, bodi kereta terlihat lebih rapi dari kereta ekonomi 2018.

Untuk interiornya sendiri terdapat perbedaan dari kereta eksekutif 2017. Jok bangku yang digunakan oleh kereta eksekutif 2018 memiliki warna biru-putih dan menggunakan bahan isian yang diyakini lebih nyaman dari sebelumnya. Jok ini sempat dipamerkan dalam gelaran di Yogyakarta pada 2017 lalu. Interior kereta lebih terlihat seperti interior KRL Bandara Soekarno Hatta. Bagasi yang dibuat dari kaca membuatnya terlihat identik.

Interior kereta eksekutif 2018 | picture by: Achmad Rendy Pratama

Uji coba yang dilakukan bisa dibilang ngaret 2 minggu lamanya. Sebelumnya direncanakan akan diujicoba pada Januari. Namun diundur hingga 2 Februari. Kemudian rencana tersebut diundur lagi hingga 9 Februari. Belum diketahui secara pasti kapan dan di mana rangkaian kereta eksekutif 2018 akan dioperasikan.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Rangkaian Kereta Eksekutif 2018 Diujicoba

  • Selasa, 2 April 2019 pada GMT+0700 11:16
    Permalink

    Dan tidak ada driving van trailer. mengapa?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: