[GALERI] KRL Seri 8500 Rangkaian 8604F, Kembali ke Jalur Biru

KRL seri 8500 rangkaian 8604F pada saat ini adalah satu-satunya KRL seri 8500 formasi 12 kereta, meskipun dalam susunan rangkaiannya terkandung tiga unit kereta seri 8000. Hari ini, rangkaian 8604F kembali berdinas di jalur biru setelah beberapa bulan yang lalu juga sempat berdinas di jalur ini setelah berformasi 12 kereta.

Rangkaian ini diketahui berdinas sebagai KA 1306 dan terusannya. Berbeda dengan waktu pertama kali kembali ke jalur ini di mana 8604F hanya berdinas sebanyak 2 rit lalu bertukar dinasan di Stasiun jakarta Kota dan kembali menuju Bogor, di hari ini 8604F sepertinya akan berdinas secara penuh menuju Bekasi dan Cikarang sampai malam nanti.

Dikenal boros listrik, sepertinya KCI memasukkan rangkaian ini ke jalur biru untuk mengetes kemampuan gardu listrik aliran atas di sepanjang jalur tersebut, dan untuk mengetahui bagaimana efeknya ke rangkaian lain, khususnya KRL seri 6000 formasi 10 kereta dengan sistem traksi VVVF-IGBT.

Didatangkan ke Indonesia tahun 2006, rangkaian ini pada awalnya memang lebih sering didinaskan di jalur Bekasi sebagai KRL Bekasi Ekspres. Namun, ketika KRL seri 205 datang, KRL ini lebih banyak berdinas di Bogor, dan baru kembali setelah berformasi 12 kereta. KRL ini dijadikan 12 kereta pada tahun 2017 yang lalu secara bertahap, yaitu dari 8 kereta menjadi 10 kereta terlebih dahulu dan baru menjadi 12 kereta.

Rangkaian ini memiliki formasi 4+8 dengan komposisi 8 kereta motor dan 4 kereta pengikut. Selain 8604F, 8003F yang juga berformasi 12 kereta ikut dimasukkan ke jalur biru. 8003F mengawali dinasannya dari Depok, namun di Jakarta Kota rangkaian tersebut bertukar dinasan dengan KRL seri 205 yang berdinas sebagai KA 1304C dan terusannya.
RED | MPSCLFJRN

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×