Kereta Penumpang Bertabrakan Dengan Gerbong Stabling di Pakistan

Gerbong barang yang berserakan usai bertabrakan dengan kereta penumpang di Lahore | Xinhua

[24/5]. Peristiwa luar biasa hebat (PLH) terjadi di Pakistan kemarin. Satu kereta api penumpang dan gerbong barang yang stabling bertabrakan di kota terbesar kedua di Pakistan, Lahore, pada Rabu sore waktu setempat.beberapa gerbong dan kereta anjlok, terguling, hingga terangkat. Bahkan ada gerbong barang yang rusak parah.
Kepala Deputi Pengawasan Pakistan Railway Sufyan Dogar mengatakan tabrakan ini melibatkan kereta penumpang Jalur Hijau relasi Karachi – Islamabad dan gerbong barang yang sedang stabling di Stasiun Lahore. 
Gerbong barang yang hancur akibat tabrakan ini | Xinhua

Meskipun kecelakaan yang terjadi cukup parah namun beruntung tidak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa ini. Berdasarkan keterangan dari pihak berwenang, kecelakaan ini diakibatkan oleh kereta penumpang yang melanggar batas kecepatan. Menteri Perkeretaapian Pakistan Saad Rafique memerintahkan otoritas terkait untuk segera melakukan proses investigasi.
Kecelakaan kereta api memang bisa dibilang sering terjadi di Pakistan. Berdasarkan keterangan dari Parlemen Pakistan, sepanjang kuartal 2013 hingga 2017 setidaknya telah terjadi sebanyak 338 kecelakaan kereta api, baik kecelakaan kecil maupun besar. Kecelakaan tersebut setidaknya telah menelan sebanyak 118 korban jiwa. Infrastruktur yang buruk, kurangnya pelatihan, serta kemalasan pegawai dituding menjadi penyebab banyaknya kecelakaan kereta api di Pakistan.
RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×