Berita KAInternasionalKereta Api

10 Orang Tewas Dalam Tergulingnya Kereta Penumpang di Turki

Rangkaian kereta penumpang yang terguling di Provinsi Tekirdag, Turki | Europe Trains Railways ECC 

[9/7]. Peristiwa luar biasa hebat terjadi di Turki. Minggu sore satu rangkaian kereta penumpang anjlok dan terguling di Provinsi Tekirdag, sekitar 150 kilometer di sebelah barat Istanbul. Sebanyak lima dari enam kereta keluar dari jalur dan terguling. Hanya lokomotif dan kereta paling depan yang selamat dari kecelakaan ini.
Regu penyelamat dibantu warga sekitar bahu membahu mengevakuasi penumpang yang terjebak di dalam rangkaian kereta. Diketahui kereta yang mengalami kecelakaan melayani rute dari Edirne, kota di barat laut Turki, ke Istanbul. Saat kejadian kereta mengangkut 362 orang penumpang dan 6 orang kru.
Kondisi rangkaian kereta yang terguling | Europe Trains Railways ECC 
Tanah yang berlumpur di lokasi kejadian menyulitkan regu penyelamat untuk mengevakuasi para penumpang. Akibat peristiwa ini, 10 orang tewas dan 73 orang luka-luka. Menteri transportasi Turki menduga kecelakaan ini disebabkan oleh tanah di jalur longsor akibat hujan deras sehingga mengakibatkan kereta yang kebetulan melintas terguling.
Kecelakaan ini bukanlah yang pertama terjadi di Turki. Pihak berwenang bidang transportasi, maritim, dan komunikasi mencatat sebanyak 112 kecelakaan yang melibatkan kereta api dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, di mana 67 di antaranya merupakan peristiwa luar biasa hebat. Setidaknya 149 orang tewas dan 114 orang terluka akibat kecelakaan selama 2 tahun terakhir. Buruknya infrastruktur serta kebijakan transportasi yang tidak jelas dituding menjadi penyebab tingginya angka kecelakaan kereta api di Turki. 
 

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
news.sky.com

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×