Berita KAInternasionalKereta Api

Pecinta Kereta Lepas Kepergian Romance Car Odakyu 7000

Para pecinta kereta yang mengabadikan keberangkatan terakhir Romance Car Odakyu 7000 dari Stasiun Shinjuku | Mainichi


[12/7]. Segalanya yang datang pasti akan pergi. Baik manusia maupun benda. Tak terkecuali kereta api. Setiap rangkaian kereta pasti memiliki umur dinasnya masing-masing. Ketika masanya sudah lewat, maka sudah pasti dia akan dipurnatugaskan. Bagi rangkaian yang beruntung dia akan dimuseumkan dan bagi yang kurang beruntung akan berakhir menjadi potongan besi bekas.
10 Juli kemarin menjadi momen yang sangat berat bagi pecinta kereta api di Jepang karena harus merelakan kepergian salah satu rangkaian kereta yang bisa dibilang legendaris yakni Odakyu seri 7000 LSE. Dinasan terakhirnya dilepas oleh ratusan pecinta kereta api yang berkumpul di Stasiun Shinjuku pada Selasa kemarin.
Pemberian karangan bunga pada kru yang berdinas membawa perjalanan terakhir Odakyu seri 7000 | Mainichi
Mereka rela berdesakan di Shinjuku demi melepas sang legenda yang memasuki masa purnatugas. Rangkaian ini menjadi legenda karena bentuknya yang unik. Odakyu seri 7000 LSE merupakan KRL pertama dan terakhir yang menempatkan kabin masinis di atas ruang penumpang. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas kereta serta memberikan pengalaman bagi penumpang yang ingin melihat kereta melaju dari depan maupun belakang.
Tak hanya unik, rangkaian ini pun juga memiliki kenangan tersendiri bagi pecinta kereta. Seperti Seiko Saga (41) pecinta kereta asal Tokyo. Dirinya memiliki kenangan yang manis dengan rangkaian ini karena dulu dirinya pernah naik Romance Car bersama ibunya ketika dia masih kecil. Stiker penanda perjalanan terakhir terpasang di dinding kereta. 
Pemerjalanan terakhir ini diawali dengan pemberian karangan bunga kepada masinis dan kru yang bertugas membawa perjalanan terakhir ini. Rangkaian kemudian diberangkatkan dengan tujuan akhir Hakone pada pukul 16:40 waktu setempat. Teriakan “sayonara” menggema di seluruh peron saat kereta meninggalkan Shinjuku. Tak lupa para pecinta kereta mengabadikan momen terakhir ini menggunakan kamera dan ponsel mereka.  
Odakyu seri 7000 LSE pertama kali berdinas pada tahun 1980an. LSE sendiri merupakan singkatan dari Luxury Super Express. Sebanyak 44 unit atau 4 set kereta Odakyu 7000 diproduksi untuk melayani pemerjalanan Limited Express “Romance Car” Hakone dan Super Hakone dari Shinjuku hingga Hakone-Yumoto. Rencananya rangkaian ini akan sepenuhnya dipensiunkan pada tahun anggaran mendatang dan digantikan oleh rangkaian Odakyu seri 70000 GSE.
RE Digest | Bayu Tri Sulistyo 

Mainichi

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×