Lokomotif CC300 Jalani Uji Coba ke Sukabumi

uji coba cc300
KLB uji coba CC300 melintasi Citayam menuju Sukabumi

(16/10) РLokomotif CC300 akhirnya mendaki gunung dan melewati lembah dalam uji coba ke Stasiun Sukabumi yang digelar Selasa siang (16/10). Lokomotif dengan nomor CC3001201 ini telah tiba di Jakarta sejak Sabtu (13/10) yang lalu. Lokomotif boxy berwarna merah milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini tidak didinaskan untuk menghela kereta api (KA) Pangrango reguler. Namun, dalam uji coba CC300 didinaskan menghela rangkaian kereta luar biasa (KLB) dengan jumlah kereta yang sama dengan KA Pangrango.

Sebelum berangkat ke Sukabumi, lokomotif ini dikirimkan terlebih dahulu ke Stasiun Jakarta Kota untuk mengambil rangkaian kereta milik Kereta Api Indonesia (KAI) yang akan digunakan untuk uji coba. Rangkaian uji coba terdiri dari empat kereta eksekutif, satu kereta makan, dan satu kereta pembangkit. Meskipun memiliki jumlah kereta yang sama dengan KA Pangrango, namun susunan rangkaian KLB jelas jauh berbeda. Dalam sekali perjalanan, KA Pangrango reguler membawa empat kereta ekonomi, satu kereta makan dan pembangkit, serta satu kereta eksekutif.

KLB uji coba diberangkatkan dari Tanah Abang menuju Sukabumi sekitar pukul 9:25 pagi. Uji coba CC300 berhenti sebentar di Stasiun Bogor, sebelum diberangkatkan kembali ke Sukabumi pada pukul 11 pagi. Uji coba CC300 tiba di Sukabumi sekitar pukul 1 siang dan kembali lagi ke Tanah Abang sebelum pukul 2 siang.

Momen langka

Momen uji coba CC300 di wilayah Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta merupakan hal yang sangat langka terjadi. Tak pelak, uji coba ini pun dimanfaatkan banyak sekali pecinta kereta api dari segala usia di sepanjang Tanah Abang hingga Sukabumi untuk sekedar mengabadikan momen langka dengan menggunakan kamera atau ponselnya masing-masing. Seperti sore ini di dekat Stasiun Depok, banyak sekali pecinta kereta api usia sekolah yang bergerombol hanya untuk mengabadikan uji coba CC300.

uji cob CC300
Keramaian di dekat Stasiun Depok Lama, hanya untuk mengabadikan uji coba CC300!

Lokomotif CC3001201 rencananya masih akan berada di wilayah Daop 1 Jakarta hingga Selasa (23/10) mendatang. Lokomotif ini secara khusus dipinjam oleh KAI dari Kemenhub untuk diuji coba di lintas Bogor-Sukabumi sejauh 57 kilometer. Hingga kini, belum diketahui maksud dan tujuan dari peminjaman dan uji coba lokomotif ini oleh KAI. (RED/MPF)

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

√ó
%d blogger menyukai ini: