Akan Diujicoba, Lokomotif CC300 Tiba Lagi di Jakarta

lokomotif cc300
KLB kirim rangkaian yang dihela lokomotif CC3001201 di Stasiun Duri, Rabu (10/8) malam | foto: Fajri Ferwandi

(10/8) – Satu unit lokomotif CC300 milik Direktorat Jenderal Perkeretaapian (Ditjenka) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali tiba di Jakarta. Lokomotif berwarna merah ini rencananya akan dipakai oleh Kereta Api Indonesia (KAI) untuk diujicoba.

Lokomotif CC300 yang dikirim ke Jakarta adalah lokomotif bernomor CC3001201. Lokomotif CC300 pertama yang diproduksi ini datang dari Madiun bersama dua unit kereta milik KAI. Satu unit kereta merupakan kereta ekonomi bernomor K3 0 12 32 milik dipo kereta Blitar. Satu unit kereta lainnya adalah kereta bagasi bernomor B 0 86 02 yang juga milik dipo kereta Blitar.

Lokomotif CC3001201 bersama dengan kedua kereta tersebut dikirimkan ke Jakarta sebagai kereta luar biasa (KLB) melalui jalur tengah Solo-Semarang. KLB berangkat dari Madiun pada Rabu pagi dan tiba di Jakarta Rabu malam. Setibanya di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, KLB kemudian berbelok menuju Stasiun Kampung Bandan melalui jalur lingkar Jakarta untuk selanjutnya menuju Stasiun Tanah Abang. Rangkaian kereta akan disimpan di jalur stabling Tanah Abang, sementara lokomotif CC3001201 akan disimpan di dipo lokomotif Tanah Abang.

Lokomotif CC3001201 ini dipinjam oleh KAI dari Ditjenka. Oleh KAI, lokomotif ini rencananya akan diujicoba pada lintas Bogor-Sukabumi untuk menghela kereta api Pangrango. Belum diketahui maksud dan tujuan dari ujicoba lokomotif CC300 ini oleh KAI. Menurut informasi yang kami terima, lokomotif CC3001201 ini akan berada di wilayah Daop 1 Jakarta hingga tanggal 23 Oktober mendatang.

Ini bukan kali pertama lokomotif CC300 mengunjungi Jakarta. Sebelumnya, lokomotif CC300 telah dua kali mengunjungi Jakarta, di mana pada kunjungan pertama lokomotif ini digunakan untuk menghela KLB Kenegaraan pada lintas Jakarta-Surabaya. (RED/MPF)

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Satu tanggapan untuk “Akan Diujicoba, Lokomotif CC300 Tiba Lagi di Jakarta

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: