Hari Ini, KRL Formasi 10 Kereta Beroperasi di Lintas Bogor-Jatinegara
(8/11) – Satu pemerjalanan KRL Commuter Line lintas Bogor-Jatinegara yang biasanya menggunakan rangkaian KRL formasi 8 kereta, hari ini menggunakan rangkaian KRL formasi 10 kereta.
Pemerjalanan KRL lintas Bogor-Jatinegara yang hari ini menggunakan rangkaian formasi 10 kereta adalah pemerjalanan dengan keberangkatan awal sebagai KA 1700 relasi Jakarta Kota-Jatinegara via Pasar Senen. KA 1700 kemudian menjadi KA 1701-1702 relasi Jatinegara-Kampung Bandan-Bogor pemberangkatan pertama. Di siang hari, pemerjalanan ini hanya melayani relasi Bogor-Angke PP. Namun di sore hari, pemerjalanan ini kembali melayani relasi Bogor-Jatinegara PP sebagai KA 1803-1804 (Bogor-Jatinegara) dan KA 1805-1806 (Jatinegara-Bogor).
Adapun rangkaian KRL yang digunakan adalah KRL seri 6000 rangkaian 6132F. Rangkaian ini merupakan KRL seri 6000 propulsi VVVF dengan komposisi 5:5 yang tidak bisa diperpendek menjadi 8 kereta.
Ini bukan kali pertama KRL formasi 10 kereta dioperasikan di lintas Bogor-Jatinegara pada perjalanan reguler. Menurut informasi yang kami terima, KRL seri 6000 rangkaian 6117F juga pernah dioperasikan di lintas ini. Rangkaian 6117F saat itu beroperasi sebagai KA 1704 Manggarai-Jatinegara yang kembali sebagai KA 1705-1706 Jatinegara-Kampung Bandan-Bogor dengan formasi 10 kereta. Namun, di Stasiun Bogor rangkaian ini bertukar pemerjalanan dengan rangkaian formasi 8 kereta.
Tidak diketahui mengapa hal tersebut dilakukan. Namun menurut informasi yang kami terima, KCI berencana mengganti rangkaian KRL formasi 8 kereta di lintas Bogor-Jatinegara menjadi KRL formasi 10 kereta. Hal ini rencananya akan diimplementasikan dalam rentang waktu yang bersamaan dengan pengoperasian KRL formasi 12 kereta di lintas Rangkasbitung. Di mana KRL formasi 10 kereta di lintas Rangkasbitung seluruhnya akan diganti dengan KRL formasi 12 kereta.
KRL formasi 10 kereta secara reguler telah melayani lintas Kampung Bandan-Jatinegara. Namun hanya satu perjalanan pagi relasi Jakarta Kota-Bekasi via Pasar Senen dan satu perjalanan malam relasi Bekasi-Jakarta Kota via Pasar Senen saja yang berhenti reguler di stasiun-stasiun di lintas Kampung Bandan-Jatinegara. (RED/MPF)
Masa, krl di jalur loop line didinaskan krl SF 8, seharusnya, krl SF 10 dioperasikan di relasi Bogor-Jatinegara dan Nambo-Angke dan krl SF 8 dioperasikan di relasi Bogor/Nambo-Duri
Di pandemi virus corona, krl loop line harus dioperasikan dengan krl SF 10 agar bisa dapat ruang untuk social distancing dan benar-benar krl SF 10 harus dioperasikan di relasi Bogor-Jatinegara dan Nambo-Angke dan satu lagi krl SF 12 dioperasikan dengan relasi Bogor/Nambo-Angke dan krl SF 10 dijadikan feeder Angke-Jatinegara karena peron petak Kampung Bandan-Jatinegara tidak cukup peronnya dan benar-benar harus diterapkan seperti krl jalur kulon pada tahun 2015-2017 ok, min?