Nama Kereta MRT Jakarta Diresmikan Gubernur DKI

Peresmian nama Ratangga sebagai nama kereta MRT Jakarta oleh Gubernur DKI Anies Baswedan | Foto: Akurat

[10/12] Pada sore tanggal 12 Desember ini, terdapat kejutan dari dunia MRT Jakarta (MRTJ). Pasalnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan nama kereta MRTJ setelah meninjau MRTJ dari Bundaran HI ke Lebak Bulus.

Berdasarkan yang dilansir dari rilis resmi MRT Jakarta, nama yang dipilih untuk kereta MRTJ ini adalah Ratangga. Nama ini diambil dari bahasa Jawa Kuno yang artinya “Kereta Perang”. Nama ini sendiri dikutip dari kitab Arjuna Wijaya dan Kitab Sutasoma karya Mpu Tantular.

Pemilihan nama ini bukan tanpa alasan. Nama Ratangga dipilih karena sifatnya identik dengan kekuatan dan pejuang, sifat yang juga identik dengan kereta perang. Sehingga harapannya adalah MRTJ nantinya dapat menjadi angkutan yang tangguh dan kuat untuk mengantarkan warga Jakarta dalam beraktivitas.

Konstruksi MRTJ Fase 1 (Lebak Bulus – Bundaran HI) sendiri untuk saat ini telah selesai 97,52% dan direncanakan beroperasi sesuai jadwal yaitu Maret 2019 mendatang. Dengan operasi MRTJ yang semakin dekat, kita semua berharap agar MRTJ kelak benar-benar menjadi angkutan masa depan Jakarta yang andal, demi transportasi publik yang lebih baik. (RED/IHF)

Referensi

Rilis resmi MRT Jakarta

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: