LAA Tersambar Petir, Perjalanan Lintas Cikarang Terhenti

[2/4]. Hujan deras dan petir yang mendera Jabodetabek membuat perjalanan KRL di Lintas Cikarang menjadi terhambat. Sore tadi petir menyambar kabel listrik aliran atas (LAA) di petak antara Bekasi dan Bekasi Timur. Kabel yang tersambar berada dekat dengan Jembatan Kali Bekasi.

Petir menyambar hingga menyebabkan kabel LAA putus dan menjuntai. Petir menyambar sekitar pukul 15:15. Listrik aliran atas di petak Bekasi Timur – Cakung terpaksa dimatikan guna mempermudah perbaikan kabel yang putus.

Kabel LAA yang putus di petak antara Bekasi dan Bekasi Timur | istimewa

Dimatikannya LAA dari Bekasi Timur hingga Cakung menyebabkan perjalanan KA 1477 Commuter Line Jakarta Kota – Bekasi terjebak di Stasiun Kranji. Rangkaian kemudian dievakuasi ke Stasiun Cakung dengan ditarik KRD penolong milik Dipo Bukit Duri.

Akibat peristiwa ini, perjalanan KRL Bekasi dan Cikarang dipotong hanya sampai Cakung. Perjalanan KA 8 Argo Lawu tujuan Solo Balapan berjalan di sepur berlawanan dari Bekasi hingga Tambun karena perbaikan LAA. Gangguan yang terjadi pada jam pulang kantor menyebabkan penumpukan penumpang di Stasiun Cakung. Penumpang yang menumpuk adalah mereka yang hendak melanjutkan perjalanan menuju Kranji, Bekasi, hingga Cikarang menggunakan moda transportasi lainnya.

Ini merupakan gangguan kedua yang terjadi dalam sehari terakhir. Kemarin pantograf rangkaian KRL 205-62 yang melayani KA 2008 patah di Stasiun Sudimara. Belum kelar permasalahan di Sudimara, kabel listrik aliran atas di petak antara Kebayoran dan Pondok Ranji putus akibat tersambar petir.

Update:

Sekitar pukul 18:30 terjadi kebakaran di tiang penyangga LAA dekat PJL 81. Api merembet hingga membakar kabel LAA. Diduga kebakaran diakibatkan arus pendek listrik. Api berhasil dipadamkan oleh petugas sekitar pukul 8 malam.

Tiang penyangga LAA yang terbakar di PJL 81 | istimewa

Pukul 23:38 Lintas Cikarang sudah kembali dibuka untuk lalu lintas KRL. Kabel LAA yang putus sudah selesai diperbaiki dan listrik di petak antara Cakung – Bekasi Timur sudah kembali menyala. KA 1454A yang merupakan lanjutan dari KA 1452 menjadi KRL pertama yang melintas menuju Cikarang pasca gangguan.

(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: