KAI Akan Berlakukan Tiket Perjalanan KRL Non Tunai

cvm
Ilustrasi penumpang membeli tiket di vending machine | Kompas

[4/4]. Pemerintah kelihatannnya sedang sangat serius menerapkan cashless society atau masyarakat tanpa tunai. Setelah sebelumnya Railink menerapkan sistem tanpa tunai untuk pembelian tiket kereta bandara dan Transjakarta yang terlebih dulu menerapkan cashless untuk naik bus di halte BRT, KCI juga akan menyusul langkah yang sudah dilakukan Railink dan Transjakarta. PT KAI berencana akan menerapkan sistem tanpa tunai untuk tiket perjalanan KRL.

Hal tersebut disampaikan Deputi II Daop 1 Jakarta Junaidi Nasution. Junaidi mengatakan ke depannya tiket perjalanan KRL akan sepenuhnya tanpa tunai jadi masyarakat tidak dapat membeli tiket dengan uang cash. Perjalanan dapat dilakukan menggunakan uang elektronik seperti E-Money, Brizzi, TapCash, dabn Flazz serta aplikasi dompet elektronik LinkAja.

Untuk LinkAja Junaidi mengatakan saat ini KAI tengah melakukan sosialisasi penggunaan dompet digital LinkAja di lingkungan KAI. Salah satunya dengan mengadakan pasar murah di Stasiun Bogor pada Senin kemarin. Selain di KRL, penggunaan LinkAja sudah diterapkan pada tiket KA jarak jauh. Penggunaan LinkAja untuk pembelian tiket KA jarak jauh sudah dilakukan sejak Februari lalu.

Dipilihnya LinkAja bertujuan untuk menyinergikan antar perusahaan BUMN, mengingat LinkAja dikembangkan oleh tujuh BUMN yakni Telkomsel, BRI, BNI, BTN, Pertamina, dan Asuransi Jiwasraya. Untuk penggunaan LinkAja nantinya penumpang hanya perlu menampilkan barcode yang ada di aplikasi lalu discan di mesin gate. Sedangkan untuk kartu uang elektronik tetap sama seperti biasanya.

 

(RED/BTS)

Republika

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: