Jalur LRT Jakarta Fase 2 Mulai Dikerjakan

LRV seri 1100 rangkaian 1103F dan 1104F milik LRT Jakarta di Stasiun LRT Velodrom

[26/7]. Setelah melalui perdebatan yang cukup panjang, akhirnya Jalur LRT Jakarta fase 2 mulai dikerjakan. Dimulainya pengerjaan jalur fase 2 ditandai dengan dilakukannya soil investigation atau survei kondisi tanah di sejumlah titik yang rencananya akan dilewati oleh jalur ini.

Pembangunan jalur fase 2 ini akan sedikit berbeda dengan fase 1. Jalur fase 2 ini nantinya akan dibangun ke dua tujuan yang dibagi menjadi fase 2A dan 2B. Fase 2A nantinya akan menghubungkan Stasiun Boulevard Utara dengan Jakarta International Stadium atau Stadion BMW yang berada di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Sedangkan fase 2B akan menghubungkan Stasiun Velodrome dengan Manggarai.

Tim REDaksi melakukan pemantauan pada trase yang nantinya akan dilintasi oleh jalur fase 2B Velodrome – Manggarai pada Kamis kemarin. Dari hasil pemantauan yang dilakukan, ada 2 titik soil investigation di sepanjang jalur yakni di sebelah Halte Transjakarta Sunan Giri dan di persimpangan Jl. Minangkabau Barat Raya, Manggarai.

Soil investigation proyek Jalur LRT Jakarta fase 2 yang dilakukan di persimpangan Jl. Minangkabau Barat Raya

Sementara itu di jalur fase 2A, proses soil investigation juga tengah dilakukan. Berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh Detik Finance, salah satu titik pengerjaan soil investigation terlihat di sebelah Halte Transjakarta Sunter Karya. Belum diketahui bagaimana trase rute fase 2A.

Namun jika dilihat dari titik soil investigation yang dilakukan, diperkirakan jalur fase 2A dari Stasiun Boulevard Utara akan bercabang di simpang boulevard, belok kiri melalui Jl. Kelapa Nias, Jl. Boulevard Artha Gading, melintas di atas Tol JORR, masuk ke Jl. Danau Sunter Utara, belok kanan ke Jl. Sunter Permai Raya, dan berakhir di Jakarta International Stadium atau Stadion BMW.

Soil investigation yang dilakukan di sebelah Halte Transjakarta Sunter Raya | Detik Finance

Soil investigation dilakukan untuk mengetahui daya dukung tanah dari suatu wilayah sebelum bisa ditanami pondasi bangunan sehingga dapat diketahui apakah tanah di wilayah tersebut layak atau tidak untuk dibangun. Ditargetkan Jalur LRT Jakarta fase 2 akan rampung pada 2021 mendatang.

(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: