MRT Jakarta Akan Terapkan Penggunaan Dompet Digital Untuk Perjalanan MRT

Ilustrasi aplikasi MRT Jakarta | rilis MRT Jakarta

[1/11]. Menyusul KAI dan KCI, MRT Jakarta akan menerapkan penggunaan dompet digital untuk perjalanan keretanya. Rencana tersebut disampaikan dalam Forum Jurnalis Bulan Oktober yang diadakan di Restoran Rempah Wangi, Cipete, Jakarta Selatan pada Kamis sore kemarin.

Tak hanya bisa menggunakan dompet digital LinkAja seperti KCI, nantinya pembayaran perjalanan MRT Jakarta juga bisa menggunakan dompet digital lainnya seperti Gopay (tentatif), Ovo, dan Dana. Hanya saja skema yang digunakan MRT berbeda dengan yang digunakan oleh KCI.

Jika pada perjalanan Commuter Line pengguna hanya perlu membuka QR code di aplikasi untuk bisa tap ini, di MRT pengguna harus memesan tiket perjalanannya terlebih dahulu untuk bisa tap in. Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi MRT Jakarta yang tersedia di App Store dan Google Play Store. Terlebih dahulu pengguna harus menginstall aplikasi MRT Jakarta di ponsel pintarnya.

Setelah diinstall, pengguna kemudian melakukan registrasi di aplikasi dengan memasukan nama, nomor handphone, dan pin serta konfirmasi kode otentifikasi. Setelah itu, pengguna menghubungkan aplikasi dengan dompet digital yang diinstall atau digunakan di handphonenya.

Untuk pembelian tiket, pengguna dapat membelinya melalui menu Jelajah Jakarta yang ada di aplikasi. Buka menu Jelajah Jakarta, pilih stasiun tujuan awal, pilih stasiun tujuan akhir, lalu lakukan pembayaran tiket menggunakan dompet digital yang sebelumnya telah dihubungkan ke aplikasi. Saldo dompet digital yang dipilih akan secara otomatis terdebet untuk pembayaran tiket sesuai dengan tarif yang berlaku.

Tiket yang sudah dibeli sudah dapat digunakan untuk perjalanan. Untuk membuka tiketnya, pengguna dapat mengklik menu daftar tiket yang sudah dibeli atau menu gambar tiket warna biru di pojok kanan atas aplikasi lalu pilih tiket yang sebelumnya dibeli. QR code dari tiket yang dipilih kemudian akan muncul dan dapat digunakan untuk tap in dan tap out.

Selain untuk pembelian tiket, dompet digital yang disambungkan ke aplikasi MRT Jakarta juga nantinya dapat digunakan untuk membeli barang dari merchant yang berada di stasiun melalui aplikasi.

Guna mendukung penggunaan dompet digital untuk perjalanan MRT Jakarta, nantinya akan dilakukan modifikasi pada gate masuk dan keluar stasiun dengan menambahkan QR reader di dekat card reader dan layar informasi.

Selain untuk pembelian tiket, aplikasi MRT Jakarta juga dilengkapi dengan fitur jadwal kereta, pencarian moda transportasi, hingga kontak MRT Jakarta dan layanan darurat seperti polisi, pemadam kebakaran, ambulans, dan lain sebagainya.

Diharapkan dengan digunakannya dompet digital ini dapat mensukseskan program Masyarakat Tanpa Tunai yang dicanangkan pemerintah serta memudahkan penumpang untuk melakukan perjalanan menggunakan MRT Jakarta. Selain itu, penerapan skema reservasi ini juga diharapkan bisa mengurangi antrian di loket terutama saat jam sibuk dan akhir pekan.

(RED/BTS)

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: