Filipina Akan Impor KRD Dari Tiongkok

Desain KRD buatan CRRC yang akan dibeli oleh PNR | CRRC Kuala Lumpur Maintenance Sdn. Bhd.

[20/12]. Setelah sebelumnya membeli rangkaian KRD komuter dari Indonesia, PNR akan membeli rangkaian KRD dari Tiongkok. CRRC Zhuzhou dan PNR menandatangani nota kesepahaman pembelian rangkaian KRD baru pada Rabu (18/12) di Manila.

Penandatanganan dilakukan secara langsung oleh Dirut PNR Junn Magno dan Vice President CRRC Locomotive Wang Qiaolin dan disaksikan oleh Menteri Transportasi Arthur Tugade dan Kepala Perkeretaapian Timothy John Batan.

Penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan tindak lanjut dari menangnya CRRC dalam tender pengadaan KRD yang diadakan oleh PNR pada 23 Oktober 2019 lalu. Sebanyak 3 set KRD atau 9 unit KRD akan dibeli oleh PNR di mana satu setnya terdiri atas 3 kereta.

Jika dilihat dari desainnya, kemungkinan besar KRD ini sama seperti class 61 DMU yang dioperasikan oleh KTM di Malaysia. Hanya bedanya rangkaian KRD yang dibeli oleh PNR menggunakan lebar sepur standar (1435 mm) bukan lebar sepur sempit (1000 mm) seperti Malaysia.

Rencananya rangkaian KRD ini akan dioperasikan di Manila – Bicol atau biasa disebut PNR Bicol sejauh 479 kilometer. Jalur ini sendiri sebelumnya dihentikan operasionalnya pada 2014 akibat rusaknya prasarana dan tidak tersedianya sarana kereta. Rangkaian KRD CRRC pertama diperkirakan akan tiba di Filipina pada Juni 2021 mendatang.

(RED/BTS)

Manila Standard

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: