Direktur Jenderal Perkeretaapian Positif COVID-19

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri (sebelah kiri) | Wildansyah/Detik

[24/3] Satu lagi insan transportasi Indonesia menjadi korban pandemi COVID-19. Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri dinyatakan positif terjangkit COVID-19. Status positif Zulfikri diumumkan oleh pihak Kemenhub melalui juru bicaranya Adita Irawati pada Selasa (24/3).

Seperti dikutip dari Detik, hingga saat ini kondisi Zulfikri sehat dan tengah menjalani karantina mandiri di rumahnya. Sebelumnya ia bersama istrinya menjalani tes swab pada 18 Maret 2020 kemarin. Meski ia berstatus positif, namun istrinya dinyatakan negatif COVID-19.

Dalam keterangannya, Adita mengatakan Zulfikri langsung melakukan karantina mandiri di rumahnya setelah ia dinyatakan sebagai ODP. Ia selalu menggunakan masker dan berusaha untuk mengurangi kontak fisik dengan orang di sekitarnya.

Sementara dikutip dari Tirto.id, dalam keterangan tertulisnya Zulfikri mengatakan sebelum ia dinyatakan postif COVID-19 ia sempat menjalani perawatan selama 5 hari dari tanggal 9 hingga 13 Maret 2020 di Eka Hospital, BSD akibat terindikasi pneumonia dengan sympton batuk-batuk kecil.

Zulfikri masih menunggu arahan dari satgas COVID-19 jika perlu dilakukan tes swab ulang menyusul keadaannya sempat membaik pada 21 Maret 2020 dan dipulangkan ke rumah tanpa wajib mengonsumsi antibiotik.

Dirinya juga menghimbau kepada siapapun yang pernah berkontak dengannya dalam kurun waktu tersebut untuk segera memeriksakan dirinya.

Zulfikri menjadi orang kedua di Kemenhub yang dinyatakan positif COVID-19. Sebelumnya pada 15 Maret lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani perawatan dan tes di RSPAD Gatot Subroto.

(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: