Pembatasan Tak Berjalan Baik, KCI Normalkan Kembali Perjalanan Commuter Line

Penumpang yang berdesakan saat pembatasan jam operasional Commuter Line pada hari ini | Twitter @nuicemedia

[23/3]. Belum sehari pembatasan jam operasional diterapkan, KCI normalkan kembali jadwal perjalanan Commuter Line. Dalam press releasenya, dikembalikannya jam operasional akan mulai dilakukan pada pukul 15:00 WIB.

Hal tersebut dilakukan setelah terjadinya penumpukan penumpang di sejumlah stasiun saat pembatasan operasional dilakukan pada pagi tadi. Dalam sejumlah postingan di media sosial, bukannya jadi lebih kosong penumpang terlihat berdesakan di dalam kereta.

Seperti yang terlihat dalam postingan di Instagram Info Jakarta. Terlihat penumpang berdesakan di dalam kereta akibat dibatalkannya jadwal perjalanan Commuter Line pada pukul 04:00 hingga pukul 06:00. Alhasil penumpang yang biasanya naik perjalanan Commuter Line dini hari jadi ikut naik perjalanan Commuter Line setelah pukul 06:00.

Dibatalkannya perjalanan Commuter Line pertama, tidak tampak adanya pembatasan jumlah penumpang yang bisa naik ke kereta seperti yang diberlakukan oleh MRT, serta sejumlah perusahaan yang belum memerintahkan karyawannya untuk kerja di rumah membuat penumpang Commuter Line pagi tadi menjadi berjubel.

Kekhawatiran pun muncul di tengah masyarakat karena ditakutkan penyebaran wabah COVID-19 menjadi semakin mudah karena penumpang berdesakan di dalam kereta.

Selain membatasi operasional Commuter Line dari pukul 06:00 hingga pukul 20:00 saja, KCI bersama dengan KAI juga menerapkan social distancing di stasiun dengan memasang garis batas antrian di loket dan gate. Selain itu petugas juga diminta untuk mengarahkan penumpang untuk mengisi kereta yang masih kosong agar penumpang tidak bergerombol di satu kereta saja.

KCI juga menyediakan washtafel tambahan di stasiun untuk penumpang mencuci tangan. VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba dengan dinormalkannya kembali operasional Commuter Line ia meminta agar masyarakat tidak bepergian ke luar rumah kecuali darurat dan benar-benar penting.

“Dengan normalisasi jadwal ini, kami menghimbau pengguna untuk tetap beraktivitas dari rumah, kecuali kegiatan yang sangat perlu dan mendesak. Jadwal KRL Kembali normal tidak untuk dimanfaatkan bepergian dengan tujuan-tujuan yang tidak mendesak,” jelas VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba.

(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: