Berita KAIndonesia

Terowongan Ijo Baru Diujicoba Dengan Rangkaian Kereta

KLB uji coba saat keluar dari Terowongan Ijo Baru | picture: Arya Aditia / Indonesian Railfans

[17/4]. Di tengah pembatalan KA jarak jauh secara serentak akibat pandemi COVID-19, sebuah berita yang menggembirakan datang dari Lintas Selatan Jawa. Siang tadi Terowongan Ijo Baru diujicoba menggunakan rangkaian kereta.

Uji coba dilakukan untuk melihat kesiapan jalur di Terowongan Ijo Baru serta kesiapan bangunan baru Stasiun Ijo sebelum dioperasikan. Rangkaian KLB uji coba menggunakan 2 unit K3 dan 1 unit KMP3 yang ditarik lokomotif CC 203 98 01.

Uji coba dilakukan dengan membawa rangkaian berjalan maju dari Kutoarjo hingga Ijo. Sesampainya di Ijo, rangkaian masuk ke jalur 1 kemudian dilanjutkan dengan berjalan mundur memasuki terowongan hingga Stasiun Gombong.

Uji coba dilakukan sebanyak 2 kali. Dalam uji coba perdana ini baru jalur arah barat atau arah Kroya yang bisa digunakan. Sedangkan jalur arah timur atau Gombong dan jalur 2 hingga 4 Stasiun Ijo masih dalam proses pembangunan.

Seperti dilansir dari Antara, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri mengatakan pembangunan jalur ganda Lintas Selatan Jawa Tengah ditargetkan akan rampung pada April ini.

Setelah Terowongan Ijo Baru dan bangunan baru Stasiun Ijo aktif nantinya Terowongan Ijo Lama dan bangunan lama Stasiun Ijo akan dimatikan dan dijadikan bangunan cagar budaya.

(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×