Teknisi KCI (Saat bernama KCJ) dan JR East sedang memeriksa rangkaian KRL Seri 205 yang baru tiba di Dipo Depok
Lancarnya perjalanan kereta api juga tidak terlepas dari perawatan sarana yang dilakukan juga. Perawatan terhadap sarana menjadi wajib untuk memastikan kehandalannya agar tidak terjadi kerusakan yang tidak diinginkan seperti misal mogok, ataupun ketidaknyamanan seperti misalnya AC rusak. Mereka juga berperan dalam menjaga kebersihan baik interior dan eksterior kereta agar tetap tampil cantik, memastikan keandalan komponen penggerak KRD/KRL dan lokomotif, dan juga memperbaiki jika ada yang rusak.
Dari beberapa momen mereka, berikut adalah kisah yang Tim REDaksi himpun.
Salah seorang petugas di Balai Yasa Manggarai sedang memperbaiki kerusakan pada kereta MoHa 205-198 yang mengalami anjlokan di Jakarta Kota pada 14 September 2017Gotong-royong teknisi pada saat mendorong rangkaian KRL Seri 205 NaHa 2 yang kelak menjadi BUD86 saat penurunan di Pasoso……Dan pada saat penurunan KRL Seri 6000 rangkaian 6101FSeorang teknisi Dipo Jatinegara sedang memutar lok di turntable atau meja putar. Lokomotif diputar agar ujung pendeknya (untuk lokomotif kabin tunggal) menghadap searah dengan perjalanan KA yang akan didinaskanMencuci kereta api juga menjadi salah satu tanggungjawab petugas dipo. Kali ini mereka bergotong-royong mencuci rangkaian Sawunggalih Pagi yang akan berdinas dari Kutoarjo