Melihat Tampilan Rangkaian Kereta Penumpang Komuter Pertama PNR Buatan INKA

Tampak luar rangkaian kereta penumpang komuter PNR yang dibuat oleh INKA | dokumentasi INKA

[29/5]. Rasa penasaran pecinta kereta akan sarana buatan INKA untuk PNR yang terakhir kini terjawab sudah. Setelah sebelumnya bentuk lokomotif hidrolik pesanan PNR menampakan bentuknya, kali ini giliran kereta penumpang komuter PNR mulai memperlihatkan batang koplernya.

Dalam dokumentasi yang dirilis oleh pihak PNR memperlihatkan bentuk rangkaian baik eksterior maupun interiornya. Sudah 1 set atau 5 kereta yang selesai diproduksi.

Bentuk eksterior kereta terlihat sama seperti rangkaian KRD yang saat ini sudah beroperasi di Filipina dan sama-sama dilengkapi dengan 6 pintu di setiap sisinya. Warna livery pun hampir sama yakni putih dengan warna hitam di bagian jendela. Bedanya striping kereta penumpang komuter diberi warna oranye bukan biru seperti KRD.

Tampak interior kereta penumpang komuter PNR | dokumentasi INKA

Interior kereta terlihat sama seperti interior KRD. Bangku kereta dibuat dari plastik dan diwarnai oranye seperti striping di luar kereta. Di tiap ujung kereta tersedia bangku prioritas dan ruang kursi roda.

Ada yang unik pada rangkaian kereta penumpang komuter ini. Meskipun kereta beroperasi dengan ditarik lokomotif, pintu kereta dapat dibuka-tutup secara otomatis seperti pada rangkaian KRD. Di rangkaian kereta penumpang komuter tersedia ruang operator yang berada di kereta paling ujung dari rangkaian kereta.

Nantinya petugas dapat membuka dan tutup pintu kereta serta menyampaikan pengumuman melalui interkom di rangkaian melalui ruang operator ini.

Meja kendali yang ada di ruang operator rangkaian kereta penumpang komuter | dokumentasi INKA

Rencananya rangkaian kereta penumpang komuter ini akan dioperasikan di Jalur South Commuter dari Tutuban hingga Alabang bersama dengan KRD INKA yang sudah terlebih dulu beroperasi, KRD Hyundai Rotem, KRD KiHa 350, KRD KiHa 52, dan KRL seri 203 yang dipasangi genset dan ditarik lokomotif.(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: