ImajiKereta ApiRagam

[GALERI] Si #JawaraMembara Yang Selalu Berasap dan Berapi

Lokomotif B 2502 sedang ngebul di Stasiun Bedono

Kereta api dengan tenaga penggerak uap dan diesel tentunya memiliki sistem pembakaran. Keduanya pun juga pasti memiliki saluran buangan atau exhaust.

Dengan sistem pembakaran ini, kereta api bertenaga uap maupun diesel tentunya akan mengeluarkan hasil dari pembakaran tersebut lewat exhaust yang berbentuk asap. Dan kadangkala, bila pembakaran tak sempurna, maka api juga akan keluar dari exhaust.

Keadaan di mana kereta api mengepulkan asap atau api ini menjadi sebuah momen yang selalu menjadi daya tarik railfans yang lebih menyukai kereta api dengan penggerak uap maupun diesel. Di Indonesia, momen ini dimaknai sebagai “ngebul” dan “kobong”, yang berasal dari bahasa Jawa. Momen lokomotif ngebul atau kobong ini seringkali dijumpai pada saat lokomotif menjalani akselerasi maksimum dari posisi diam ataupun kecepatan rendah. Meski demikian, ada saja kesempatan lokomotif ngebul saat sedang melaju kencang.

Tema mingguan untuk Sabtu ini adalah seputar kereta api yang sedang mengepulkan asap atau api dengan tagar #JawaraMembara. Berikut merupakan galeri foto-foto kereta api yang sedang “kobong” ataupun ngebul yang berhasil Tim REDaksi himpun.

Daftar Isi

  1. Pembuka
  2. Halaman 1
  3. Halaman 2
  4. Halaman 3

Halaman Selanjutnya: Halaman 1

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Pages ( 1 of 4 ): 1 234Berikutnya »

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×