[GALERI] Si #JawaraMembara Yang Selalu Berasap dan Berapi

Lokomotif B 2502 sedang ngebul di Stasiun Bedono

Kereta api dengan tenaga penggerak uap dan diesel tentunya memiliki sistem pembakaran. Keduanya pun juga pasti memiliki saluran buangan atau exhaust.

Dengan sistem pembakaran ini, kereta api bertenaga uap maupun diesel tentunya akan mengeluarkan hasil dari pembakaran tersebut lewat exhaust yang berbentuk asap. Dan kadangkala, bila pembakaran tak sempurna, maka api juga akan keluar dari exhaust.

Keadaan di mana kereta api mengepulkan asap atau api ini menjadi sebuah momen yang selalu menjadi daya tarik railfans yang lebih menyukai kereta api dengan penggerak uap maupun diesel. Di Indonesia, momen ini dimaknai sebagai “ngebul” dan “kobong”, yang berasal dari bahasa Jawa. Momen lokomotif ngebul atau kobong ini seringkali dijumpai pada saat lokomotif menjalani akselerasi maksimum dari posisi diam ataupun kecepatan rendah. Meski demikian, ada saja kesempatan lokomotif ngebul saat sedang melaju kencang.

Tema mingguan untuk Sabtu ini adalah seputar kereta api yang sedang mengepulkan asap atau api dengan tagar #JawaraMembara. Berikut merupakan galeri foto-foto kereta api yang sedang “kobong” ataupun ngebul yang berhasil Tim REDaksi himpun.

Daftar Isi

  1. Pembuka
  2. Halaman 1
  3. Halaman 2
  4. Halaman 3

Halaman Selanjutnya: Halaman 1

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Pages ( 1 of 4 ): 1 234Berikutnya »

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: